DaerahKota Cilegon

Cegah Covid-19 Varian Baru, Kru WNA Dilarang Turun dari Kapal

CILEGON, BANTEN RAYA – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten melarang kru kapal kewarganegaraan asing untuk turun di pelabuhan yang ada di Banten. Larangan tersebut berlaku mulai dari 1 hingga 14 Januari 2021. Kebijakan tersebut diberlakukan sebagau bentuk pencegahan penyebaran sehubungan dengan munculnya varian baru virus korona atau Covid-19.

Kepala KKP Banten Sedya Dwisangka mengatakan, larangan tersebut berlaku untuk seluruh warga negara asing (WNA) yang masuk ke Indonesia termasuk di Banten. Larangan masuk ke Indonesia juga berlaku bagi WNA yang menjadi kru kapal asing. 

“Kru kapal dari negara manapun tidak bisa masuk ke Indonesia termasuk di pelabuhan di Banten. Kru kapal tidak boleh turun dan hanya boleh di atas kapal,” katanya kepada awak media, Rabu (30/12/2020). 

Meski dilarang turun dari kapal, lanjut Sedya, bongkar muat barang tetap berjalan seperti biasa. “Pelayanan tetap dan kapal tetap boleh sandar di pelabuhan-pelabuhan yang ada di Banten. Hanya krunya saja yang tidak boleh turun dari kapal. Persoalannya cuma individunya saja,” katanya. 

Sedya menjelaskan, larangan kru kapal turun dari kapal mengacu Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Dalam Masa Pandemi Corona. Saat ini, SE sudah ditembuskan ke sejumlah otoritas dan pemangku kepentingan di Banten. “Saya sudah teruskan ke Asosiasi Pelayaran Banten kemudian juga ke KSOP sudah diteruskan,” tuturnya. 

Ia menambahkan, pemberlakuan larangan kru kapal turun dari kapal akan diterapkan selama dua pekan. Pihaknya bersama stakeholder lain seperti KSOP Banten akan melakukan pengawasan di pelabuhan-pelabuhan dan tempat untuk kepentingan sendiri (TUKS) yang ada di Banten.  “Kita terus berupaya agar mata rantai virus korona bisa diputus dan mencegah masuknya virus korona varian baru,” tutupnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: