Kota Cilegon
Trending

Diam-diam Pemkot Cilegon Angkat Honorer TKK Baru

CILEGON, BANTEN RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon diam-diam merekrut puluhan tenaga honorer baru dengan status Tenaga Kerja Kontrak (TKK) diJanuari 2021. 

Informasi yang dihimpun Banten Raya, ada sekitar 50 TKK baru yang diangkat melalui Surat Keputusan (SK) Walikota Cilegon Edi. Puluhan TKK tersebut sudah ditempatkan dan tersebar di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon. 

Salah satu pejabat di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Cilegon yang enggan disebutkan namanya membenarkan jika Pemkot Cilegon baru saja mengangkat honorer TKK. Pengangkatan TKK dilakukan awal 2021.

“Baru mulai kerja (TKK -red) pekan ini,” katanya, Selasa (9/2/2021).

Pejabat ini mengaku, tidak mengetahui secara pasti berapa TKK baru yang ada di OPD tempatnya bekerja. Namun Ia juga mengungkapkan, jika di OPD tempatnya bekerja juga masih ada honorer yang berstatus Tenaga Harian Lepas (THL) selama bertahun-tahun, tak kunjug diangkat sebagai TKK.

“Di sini juga ada THL yang sudah bertahun-tahun, belum juga diangkat TKK,” ucap Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini. 

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon Heri Mardiana mengatakan, pada 2021 ini memang ada pengangkatan TKK baru, selain perpanjangan kontrak TKK lama.

“Jumlahnya tidak banyak. Sebagian besar THL yang dinaikkan jadi TKK dan sebagian kecil TKK yang memang benar-benar baru bekerja di Pemkot Cilegon,” kata Heri ditemui di Kantor BKPP Kota Cilegon. 

Dikatakan Heri, pengangkatan dan pemberhentian TKK sendiri melalui SK dari Walikota Cilegon. Sementara, pengangkatan dan pemberhentian THL melalui SK dari Kepala OPD. “Semuanya honornya dari APBD Kota Cilegon, baik TKK maupun THL,” katanya. 

Disinggung berapa jumlah TKK baru yang diangkat, Heri tidak mejelaskan secara rinci. Namun, Ia menegaskan jumlahnya tidak sampai 100 orang. “Tidak sampai 100 orang, (50 orang -red) sekitar segitu,” ungkapnya. 

Setiap tahun, lanjut Heri, TKK dan THL diperpanjang kontrak baru. “THL SK Kepala OPD dan TKK SK Walikota,” ucapnya.  

Pengangkatan honorer TKK maupun THL, lanjut Heri, sebagai upaya untuk menutupi kekurangan pegawai di Pemkot Cilegon. Agar jalannya birokrasi dan pelayanan publik tetap berjalan dengan baik. Pada 2021 ini, Pemkot Cilegon juga baru saja mengangkat 183 CPNS baru hasil rekrutmen Seleksi CPNS 2019 lalu. 

“Penambahan 183 CPNS baru juga belum mencukupi jumlah pegawai yang seharusnya. Pada 2021 ini, kita juga dapat kuota rekrutmen 603 kuota formasi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja),” urainya. 

Kata Heri, kebutuhan pegawai di masing-masing OPD yang mengetahui adalah Kepala OPD. Kemudian kebutuhan pegawai tersebut, dilaporkan ke BKPP Cilegon. Kemudian, pegawai BKPP Cilegon mengusulkan formasu CPNS maupun PPPK ke pemerintah pusat. “Kita sebenarnya butuhnya ratusan yang diusulin, tetapi yang di setujui pemerintah pusat seperti 2019 lalu 183 orang doang, butuhnya jauh lebih dari 183 orang,” tuturnya. (gillang) 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp