DaerahKota Cilegon
Trending

Dianggap Strategis, Dua Jabatan Eselon II Pemkot Cilegon Ini Tak Akan Dilelang

CILEGON, BANTEN RAYA- Pemkot Cilegon tidak akan melelang posisi Asisten Daerah (Asda) I dan kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat meski saat ini mengalami kekosongan. Dua posisi tersebut dianggap strategis sehingga pengisiannya akan dilakukan melalui skema mutasi dengan pejabat eselon II yang menjabat di organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta mengatakan, saat ini Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon sedang meminta izin Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI untuk menggelar mutasi dan rotasi pegawai yang akan dilakukan Pemkot Cilegon. Jika izin sudah terbit maka pihaknya akan segera menggelarnya untuk jabatan setara eselon II. 

“Ada tiga jabatan eselon II kosong dan belum dilelang yaitu Asda I, kepala BPKAD, dan kepala Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan). Asda I dan kepala BPKAD tidak dilelang, akan diisi pejabat eselon II yang saat ini menjabat di jabatan lain. Sementara, Disperindag bisa akan dilelang, tetapi nanti kita lihat lagi perkembangannya,” kata Sanuji ditemui di Kantor Walikota Cilegon, Rabu (9/6/2021). 

Alasan jabatan Asda I dan kepala BPKAD tidak dilelang, lanjut Sanuji, lantaran jabatan tersebut dianggap strategis. Sehingga harus diisi pejabat eselon II yang sudah berpengalaman.

“Untuk mutasi eselon II kami juga tidak perlu melakukan asesmen lagi, karena pejabat eselon II sudah melakukan asesmen pada 2018 lalu dan masih berlaku hingga 2022,” kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.  

Meksi sudah ada tiga jabatan eselon II yang kosong, kata Sanuji, kekosongan akan bertambah pada bulan depan. Sebab, kepala pelaksana BPBD Kota Cilegon akan memasuki masa pensiun.

BACA JUGA: 20 Pejabat Dinkes Banten yang Baru Dilantik Minggu Ini

“Kemungkinan BPBD juga bisa dilelangkan, buat para eselon III yang akan naik ke eselon II,” ungkapnya. 

Selain mutasi, dua jabatan eselon II hasil lelang jabatan tahun lalu akan segera dilantik. Jabatan yang segera dilantik adalah posisi kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) dan kepala Dinas Kesehatan (Dinkes). Sementara untuk Direktur RSUD Cilegon akan dilelang ulang.

“Direktur RSUD Cilegon juga akan dilelang ulang,” ujarnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp