DaerahKota Cilegon
Trending

Dikunjungi Wakil Walikota dan Ketua DPRD, Afdil Langsung Dirujuk ke RSUD Cilegon

CILEGON, BANTEN RAYA- Muhammad Afdil (12), warga RT02/RW08, Lingkungan Penyairan Atas, Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, akhirnya dirujuk ke RSUD Cilegon. Dirujuknya Afdil, setelah adanya kunjungan Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon Isro Mi’raj, Kamis (27/5/2021) pagi. 

Pantauan bantenraya.com, sekitar pukul 07.45 WIB Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Miraj tiba di rumah Afdil. Isro mendatangi keluarga pasangan Herman dan Hamsanah setelah adanya pemberitaan warga Penyairan Atas yang mengalami gizi buruk. Sekitar pukul 08.00 WIB, Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta juga tiba di rumah Afdil.

Sanuji dan Isro memberikan bantuan uang tunai untuk keluarga Herman dan Hamsanah. Tak berhenti di situ, dua pejabat teras tersebut membujuk Hamsanah agar Afdil bisa dirawat di RSUD Cilegon. Meski sempat keberatan, akhirnya keluarha Afdil bersedia jika anak tersebut dirawat di RSUD Cilegon untuk mendapatkan penanganan medis.

Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta mengatakan, pihaknya bergerak cepat untuk menangani masalah kemiskinan, salah satunya terhadap Afdil yang menderita gizi buruk. Beberapa tahun lalu, pihak Kelurahan Kotabumi sudah meminta kepada keluarga Hamsanah agar dirujuk ke rumah sakit. Namun, bujukan pihak kelurahan tidak mengizinkan untuk dirawat. 

“Saat ini, kakak ipar Afdil bersedia bertanggungjawab agar Afdil dirawat di RSUD Cilegon. Semua biaya ditanggung pemerintah, dan akhirnya mau dirujuk ke RSUD Cilegon,” kata Sanuji. 

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan, dokumen kependudukan dan jaminan sosial BPJS Kesehatan untuk keluarga Hamsanah sudah lengkap.

“Semua administrasi sudah lengkap, dan keluarga Hamsanah juga masuk dalam program keluarga harapan,” ungkapnya. 

BACA JUGA: Polres Cilegon dan Wartawan Berikan Bantuan Bocah Gizi Buruk di Kotabumi

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Mi’raj meminta agar pemerintah memunyai cara lain untuk menangani kasus seperti Afdil.

“Kami minta jika ada kasus sepertu ini, warga miskin menderita sakit tetapi tidak mau dirujuk harus dirayu, jangan putus asa. Kesehatan warga negara juga tanggungjawab pemerintah, toh ini ketika kita datang mau dirujuk,” kata Isro.

Politikus Partai Golkar itu juga meminta kepada Pemkot Cilegon lebih teliiti lagi dalam pendataan warga miskin, serta warga yang membutuhkan penanganan kesehatan secara khusus.

“Data kependudukan warga dan data kemiskinan harus disinkronkan, agar semua warga miskin yang butuh bantuan bisa dibiyai program pemerintah,” pintanya. (gillang)

Related Articles

Back to top button