DaerahKota Cilegon
Trending

DPWKel Cilegon Diklaim Jadi Cikal Bakal Program Pusat, 5 Persen APBD untuk Kelurahan dan Desa

CILEGON, BANTEN RAYA – Program dana pembangunan wilayah kelurahan (DPWKel) di Kota Cilegon diklaim sebagai embrio lahirnya program yang mewajibkan 5 persen dana APBD diperuntukkan bagi kelurahan dan desa. 

Seperti diketahui, program tersebut tertuang dal Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014. 

Asisten Daerah (Asda) II Sekretariat Daerah (Setda) Kota Cilegon Tb Dikrie Maulawardhana menjelaskan, aturan alokasi 5 persen untuk kelurahan dan desa itu baru ada pada 2014. Sedangkan, DPWKel sudah ada pada 2012. 

“Kami saat itu mendapatkan kunjungan dari Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) dan BI (Bank Indonesia) saat itu kami diapresiasi karena programnya,” katanya usai menghadiri pembinaan DPWKel, Kamis (20/5/2021).

Tidan hanya itu, imbuh Dikrie, Bappenas saat itu juga akan menjadikan program DPWKel untuk diterapkan di sekitar 27 kabupaten/kota. 

“DPWKel diadopsi 27 kota dan kabupaten kala itu usai pertemuan dengan kami. Jadi DPWKel ini embrio program 5 persen APBD untuk kelurahan atau desa,” paparnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon Achmad Jubaedi mengungkapkan, pihaknya berharap dengan DPWKel terus terjadi pemerataan pembangunan di lingkungan. Sebab, kelurahan melalui kelompok masyarakat (Pokmas) yang langsung merealisasikan.

“DPWKel ini akselerasi pemerataan. Jadi kami berharap dengan pembinaan bisa juga meningkatkan kapasitas Pokmas, kasi (kepala seksi) ekonomi pembangunan kelurahan,” pungkasnya. (uri) 

Related Articles

Back to top button