DaerahEkonomi & BisnisKota Cilegon
Trending

Dulunya Pekerja Serabutan, Pemuda Cilegon Ini Sekarang Jadi Juragan Lele dengan Omzet Rp46 Juta per Pekan

CILEGON, BANTEN RAYA – Rahmat (29) warga Lingkungan Kali Gandu, Kelurahan Purwakarta, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon dua tahun ini melakukan budi daya lele. Siapa sangka, pemuda yang sebelumnya adalah pekerja serabutan ini sekarang memiliki 120 kolam pembibitan dan 20 kolam pembenihan lele dengan omzet mencapai Rp46 juta per pekan.

Abu panggilan akrab Rahmat menjelaskan, sekali panen dirinya bisa mengangkat 2 ton lele per pekan dimana harga per kilonya mencapai Rp23.000. Saat ini pihaknya menargetkan untuk bisa panen 7 ton per pekan.

“Biasanya kisaran harga Rp23.000 dijual. Kami baru sanggup memenuhi pasar sekitar dua ton per minggu. Untuk ukuran sekali panen lumayan omzetnya. Sudaj dua tahun saya budi daya lele,” ujarnya, Selasa (16/2/2021).

Abu menyatakan, peluang bisnis lele masih sangat besar. Kebutuhan lelang di pasar di Kota Cilegon bisa mencapai 15 ton per hari. Saat ini, pemenuhan permintaan masih ditutupi dari luar daerah yaitu Bogor, Lampung dan Indramayu.

“Pasarnya masih sangat terbuka. Ini jadi peluang yang bisa ditangkap semua peternak. Pemenuhan pasar masih didominasi dari luar,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Purwakarta Deni Sumantri mengungkapkan, pihaknya berencana untuk bisa menjadikan wilayahnya sebagai sentra produksi lele. Sehingga pemenuhan pasar bisa dipenuhi dan warga bisa diberdayakan.

“Ke depan ada target ke arah sana (sentra budi daya lele). Beberapa pemuda yang sudah belajar ke depan bisa didorong untuk mandiri,” pungkasnya. (uri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp