Kota Cilegon
Trending

Ekspansi ke Jabar, KS Grup Gandeng Mesra BUMD Jabar

CILEGON, BANTEN RAYA – Lima anak perusahaan PT Krakatau Steel (KS) yakni PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), PT Krakatau Daya Listrik (KDL), PT Krakatau Tirta Industri (KTI), PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC), dan PT Krakatau Nasional Resources (KNR) menjalin kerja sama dengan tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat (Jabar) yang ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Direktur Utama (Dirut) PT KS Silmy Karim di Hotel The Royale Krakatau, Kamis (15/4/2021).

Kerja sama tersebut dilakukan dalam beberapa sektor yaitu pembangunan dan pengembangan kawasan industri terintegrasi yang melibatkan PT KBS, PT KIEC, PT KDL dengan PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) dan sektor pemenuhan air industri antara PT KTI dengan PT Tirta Gemah Ripah. Selain itu, kerja sama juga dilakukan di sektor keuangan terkait perjanjian kredit antara PT KNR dengan PT Bank Pembangunan Jawa Barat (BJB).

Dirut PT KS Silmy Karim mengatakan, kerja sama di sektor pembangunan dan pengelolaan kawasan industri terintegrasi diharapkan dapat mengembangkan perekonomian daerah dan juga berpotensi dalam pengembangan bisnis bagi PT KS dan anak usahanya. Termasuk juga bisa memberikan dampak positif bagi pembangunan dan pengembangan investasi dalam negeri.

“Bersama PT BIJB, Krakatau Steel Grup dapat melakukan ekspansi ke wilayah Jawa Barat. PT KIEC, PT KTI, PT KBS, dan PT KDL dapat mendukung kebutuhan dari PT BIJB untuk pengelolaan kawasan industri, air bersih, logistik, maupun energi,” katanya.

Usai acara penandatanganan, Silmy mengajak Gubernur Jabar Ridwan Kamil melakukan kunjungan lapangan ke area kawasan industri yang dikelola oleh PT KIEC dengan luas wilayah 3.000 hektar dan meninjau fasilitas pelabuhan di PT KBS yang berkapasitas bongkar muat 25 juta ton per tahun.
“Kami berkeyakinan kerjasama dengan BUMD Jawa Barat ini dapat terealisasi dengan baik dan menguntungkan karena kami adalah satu-satunya perusahaan yang berpengalaman dalam bisnis kawasan industri terintegrasi lengkap dengan sarana pelabuhan, pembangkit listrik, dan pasokan air industri,” ujar Silmy.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan kerja sama diharapkan bisa menjadikan Krakatau Steel dan BUMD Jawa Barat mengalami pertumbuhan yang luar biasa ke depannya serta dapat memperkuat hubungan antar daerah maupun antara perusahaan nasional dan perusahaan BUMD.

Diketahui, empat anak usaha PT KS yaitu PT KIEC, PT KTI, PT KBS, dan PT KDL telah mencatatkan penjualan sebesar Rp2,4 triliun dengan laba bersih sebesar Rp420 miliar di tahun 2020. Sedangkan di Kuartal 1 tahun 2021 mencatatkan pendapatan sebesar Rp887 miliar dengan laba Rp124 miliar. (danang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp