KesehatanKota Cilegon
Trending

Gawat, RSUD Cilegon Belum Miliki Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19

CILEGON, BANTEN RAYA- Plasma konvalesen yang digadang-gadang sebagai penyembuh pasien Covid-19, saat ini belum banyak tersedia di Cilegon.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilegon yang merupakan fasilitas pelayanan kesehatan milik Pemkot Cilegon juga belum menyediakan plasma atau bagian darah yang mengandung antibodi dari orang yang telah sembuh Covid-19 itu. 

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Cilegon Meisuri mengatakan, meski di daerah lain sudah banyak pengobatan Covid-19 menggunakan plasma konvalesen, di Cilegon saat ini belum tersedia di RSUD Cilegon.

“Saat ini penyembuhan Covid-19 menggunakan plasma konvalesen belum tersedia di RSUD Cilegon,” kata Meisuri ditemui di Kantor Walikota Cilegon, Jumat (19/2/2021). 

Meisuri menjelaskan, selain belum ada permintaan pasien Covid-19 yang membutuhkan plasma konvalesen, di Cilegon juga belum banyak penyintas Covid-19 yang bersedia mendonor.

“Kalau nanti ada yang membutuhkan, kami akan merujuk ke rumah sakit lain yang sudah tersedia penyembuhan menggunakan plasma konvalesen,” katanya. 

Meisuri menambahkan, ke depan RSUD Cilegon akan berupaya menyediakan plasma konvalesen untuk pasien Covid-19.

“Mungkin ke depan kami akan ke arah sana (menyediakan plasma konvalesen. Tentu, juga didukung dengan penyintas Covid-19 yang sudah sembuh,” tuturnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp