DaerahHukum & KriminalKota Cilegon
Trending

Gedung DPRD Cilegon Diberondong Peluru, Satu Anggota Dewan Berhasil Diamankan dari Penyanderaan

CILEGON, BANTEN RAYA – Dorr… dorrr… dorr…. Rentetan suara tembakan terdengar dari dalam hingga ke luar Gedung DPRD Kota Cilegon. Di dalam gedung terdapat seorang anggota DPRD setempat yang disandera kelompok bersenjata.

Mendapat laporan tersebut, puluhan pasukan dari Batalyon 13 Grup 1 Kopassus langsung Gedung DPRD Kota Cilegon. Pasukan elit TNI yang dibekali dengan persenjataan lengkap dan kendaraan taktis berhasil mengepung Gedung DPRD Kota Cilegon. 

Aksi heroik pasukan khusus tersebut dilakukan untuk membebaskan sandera yang ada di dalam Gedung DPRD Kota Cilegon berlangsung hanya sekitar lima menit. Di mana, seorang anggota DPRD yang disandera oleh kelompok bersenjata di Gedung DPRD Kota Cilegon berhasil diamankan.

Kejadian tersebut bukan yang sebenarnya. Aksi tersebut merupakan simulasi penanganan sandera di objek vital yang dilakukan Batalyon 13 Grup 1 Kopassus di Gedung DPRD Kota Cilegon, Minggu (31/1/2021) dini hari.

Komandan Batlyon 13 Mayor Inf Rommi Sakti Alamsyah mengatakan, simulasi pengamanan tawanan dilakukan di Gedung DPRD Kota Cilegon, karena gedung pemerintahan menjadi bagian yang harus diamanakan dalam keadaan darurat. Kegiatan tersebut, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

“Kita itu diibaratkan sebagai pedang. Kalau pedang tidak sering diasah, khawatirnya tumpul. Ini untuk mengasah kemampuan,” kata Rommi kepada awak media.

Ia menjelaskan, dalam penyelamatan tawanan yaitu Anggota DPRD Kota Cilegon, pihaknya menerjunkan 48 pasukan. “48 anggota kita sebar di ring 1 dalam Gedung DPRD, ring 2 di luar dan ring 3,” kata Rommi. 

Menurut Rommi, dalam menngendalikan kelompok yang ingin mengacaukan keamanan di Gedung DPRD Kota Cilegon, pihaknya hanya butuh waktu sekitar lima menit. Sandera berhasil diamankan secara selamat tanpa terluka.  

“Latihan kita gelar malam hari untuk menghindari kerumunan dan malam hari tidak ada aktivitas pemerintahan di Gedung DPRD Cilegon,” ungkapnya. 

Anggota DPRD Kota Cilegon yang berlaku sebagai orang yang disandera, Babay Suhemi mengapresiasi kinerja Batalyon 13 Grup 1 Kopassus. Kegiatan tersebut dinilai penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

“Harapan kami ke depan, Kota Cilegon tetap kondusif dan aman serta nyaman bagi investasi, masyarakat dan sebagainya. Kami menyampaikan terima kasih kepada Grup 1 Kopasssus Serang,” tuturnya. (gillang)

 

 

 

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp