DaerahKota Cilegon
Trending

H-2 Larangan Mudik, Pelabuhan Merak Terus Diserbu Pemudik

CILEGON, BANTEN RAYA – Arus mudik dari Jawa ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak menjelang masa peniadaan mudik pada 6 hingga 17 Mei mengalami peningkatan. Peningkatan pemudik terlihat sejak akhir pekan lalu. 

Pantauan Banten Raya, Selasa (4/5/2021) sore, lalu lintas menuju Pelabuhan Merak terlihat ramai lancar. Pemudik mulai terlihat memadati Pelabuhan Merak. Pemudik kendaraan roda dua maupun roda empat mulai tampak membawa barang bawaan layaknya pemudik.

Meski terlihat adanya peningkatan, namun kondisi Pelabuhan Merak terlihat masih normal. Tidak ada kepadatan yang berarti hingga ke luar area Pelabuhan Merak. 

General Manajer PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy mengatakan, peningkatan kendaraan sudah mulai terlihat sejak beberapa hari lalu. Namun, kondisi penyeberangan masih terlihat normal. 

“Pelayanan masih seperti biasa. Tidak ada kepadatan sampai ke luar area pelabuhan,” ujarnya. 

Menurut Hasan, di hari normal kendaraan yang menyeberang sekitar 5.000 sampai 6.000 kendaraan per hari. Akan tetapi, pada akhir pekan lalu mencapai 9.000 kendaraan per hari. 

“Akhir pekan lalu dalam sehari tembus 38.000 orang. Baik penumpang pejalan kaki maupun dalam kendaraan. Itu ada peningkatan signifikan,” tuturnya.

BACA JUGA: Pemudik Ngumpul di Pelabuhan Merak, Penumpang di Kendaraan Tak Diperiksa GeNose

BACA JUGA: Dermaga Merak dan Seluruh Terminal di Banten Bakal Ditutup, Masih Mau Mudik?

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan, terkait larangan mudik Lebaran 2021, pihak melakukan pengecekan pendirian pos penyekatan dan pos pengamanan di sejumlah titik yang ada di Kota Cilegon.

Terdapat empat area penyekatan larangan mudik. Lokasi penyekatan itu ada di Gerbang Tol Merak, Terminal Terpadu Merak  (TTM) dan akses masuk ke Dermaga Pelabuhan Merak dan di sekitar Kota Cilegon.

“Saya dirikan banyak pos kenapa di situ. Dikarenakan inilah benteng terakhir sebelum memasuki Merak, di situ akan ada banyak personel nanti,” terangnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp