DaerahEkonomi & BisnisKota Cilegon
Trending

Helldy-Sanuji Gagas Pembentukkan Tiga BUMD Baru Demi Tingkatkan PAD

CILEGON, BANTEN RAYA – Pemkot Cilegon mewacanakan pembentukan tiga badan usaha milik daerah (BUMD) baru di bawah kepemimpinan pasangan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta.

Tiga BUMD tersebut akan membidangi pengembangan pasar, pengembangan investasi, serta pengelolaan sampah menjadi produk energi.

Gagasan tersebut mencuat pada pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menemgah Daerah (RPJMD) 2021-2026, di Aula Bappeda Kota Cilegon, Rabu (5/5/2021).

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kota Cilegon Beatrie Noviana mengatakan, pasangan Helldy-Sanuji tengah tertarik dengan pendirian tiga BUMD baru.

“Ini merupakan usulan dari pak wali dan pak wakil. Makanya kami masukkan ke dalam pembahasan RPJMD 2021-2026,” katanya.

Ia menjelaskan, pasangan Helldy-Sanuji sangat berkeinginan untuk meningkatkan potensi pendapatan asli daerah (PAD) untuk Pemkot Cilegon. Ia melihat potensi peningkatan PAD dari usaha pasar dan pengelolaan sampah menjadi energi.

“Pak wali juga ingin menyeriusi sektor investasi juga. Lantaran itulah terpikirkan membentuk BUMD,” ucapnya.

BACA JUGA: Perayaan HUT Kota Cilegon ke-22, Helldy-Sanuji Luncurkan Kartu Cilegon Sejahtera

Pada BUMD pasar, lanjut Beatrie, perusahaan milik daerah itu akan fokus mengurus pengembangan usaha pasar modern dan tradisional. Dengan demikian, pasar-pasar di Kota Cilegon lebih bersih dan memberikan pendapatan daerah yang signifikan.

“BUMD pasar akan mengelola khusus pasar. Karena pada dasarnya, jika pasar dikelola dengan baik maka kontribusi pada PAD akan bagus,” cetusnya.

Terkait pengelolaan sampah, lanjut Beatrie, Pemkot Cilegon berencana untuk bekerja sama dengan PT Indonesia Power. Di mana hasil pengolahan sampah menjadi sumber energi, akan disalurkan ke PT Indonesia Power.

“Bahkan Pak Wali bahkan sudah belajar tentang pengelolaan sampah menjadi sumber energi,” terangnya.

BACA JUGA: Ini Program 100 Hari Helldy-Sanuji Pasca Dilantik, Ada Peluncuran Kartu Cilegon Sejahtera

Sementara itu, Sekda Cilegon Maman Mauludin mengatakan, secara garis besar Pemkot Cilegon mencantumkan 10 visi misi pasangan Helldy-Sanuji. Dimana untuk menyukseskan visi misi tersebut, akan dibangun sejumlah infrastruktur.

“Kami masih menyusun dan segera kami serahkan drag RPJMD ke DPRD Cilegon,” ujarnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp