DaerahKota CilegonPolitik
Trending

Helldy-Sanuji Tak Bisa Langsung Berkuasa, Ini Enam Tahapan yang Masih Harus Dilalui

CILEGON, BANTEN RAYA- Meski telah resmi ditetapkan sebagai Walikota dan Wakil Walikota Cilegon terpilih periode 2021-2026, bukan berarti pasangan Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta bisa langsung duduk di Kantor Walikota Cilegon. Setidaknya masih ada enam tahap lagi yang harus dilalui mereka untuk bisa menjadi orang teratas di Kota Cilegon. 

Seperti diketahui, KPU Kota Cilegon telah menetapkan Helldy-Sanuji sebagai pemenang pilkada 2020. Keputusan itu diambil dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon terpilih di Hotel Royal Krakatau Cilegon, Sabtu (23/1/2021).

Pelaksana tugas (Plt) Asisten Daerah (Asda) I Setda Kota Cilegon Tb Dikrie Maluwardhana mengatakan, pasca rapat pleno tersebut ada beberapa tahapan yang harus dilalui Helldy-Sanuji untuk bisa duduk di kursi kepala daerah Cilegon. Pertama, ada tahapan rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon tentang pengumuman penetapan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon terpilih hasil pilkada 2020. 

“DPRD Kota Cilegon menyelenggarakan sidang paripurna dan menyampaikan surat usulan pemberhentian Walikota dan Wakil Walikota Cilegon 2016-2021. Lalu surat usulan pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota hasil pilkada 2020 kepada Mendagri melalui Gubernur Banten. Ini Jangka waktunya lima hari kerja pasca penetapan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum),” kata Dikrie ditemui di Hotel Royal Krakatau, Sabtu (23/1/2021).

Dikrie menjelaskan, tahapan selanjutnya surat Gubernur Banten mengenai pengusulan pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon disampaikan ke Mendagri melalui Dirjen Otonomi Daerah (Otda). “Jangka waktu lima hari kerja setelah diterimanya usulan secara lengkap,” katanya. 

Kemudian tahapan ketiga, kata Dikrie, diterbitkannya Keputusan Mendagri RI tentang Pemberhentian Walikota dan Wakil Walikota Cilegon Periode 2016-2021 dan Pengangkatan Jabatan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon Terpilih Hasil Pilkada. Setelah Mendagri RI menerbitkan keputusan, maka tahapan keempat Dirjen Otda meneruksan ke Gubernur Banten untuk melantik Walikota dan Wakil Walikota Cilegon. 

“Itu (tahap tiga ke empat-red) batas waktunya paling lama satu hari,” papar pria yang juga menjabat sebagai Asda II Kota Cilegon ini. 

Dipaparkannya, tahapan ke lima dilakukan pelantikan sebagai Walikota dan Wakil Walikota Cilegon menyesuaikan agenda Gubernur Banten. Seperti diketahui, akhir masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota  Cilegon periode 2016-2021 berakhir pada 17 Februari 2021. Lalu tahapan keenam adalah rapat paripurna DPRD Kota Cilegon dirangkaikan serah terima jabatan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon. 

“DPRD Kota Cilegon menyelenggarakan sidang paripurna dengan susunan acara. Diantaranya, sambutan walikota periode 2016-2021, sambutan pertama Walikota Cilegon yang dilantik. Penyerahan simbolis buku memori jabatan, kendaraan dinas dari walikota sebelumnya kepada walikota yang telah dilantik,” paparnya. 

Terakhir, akan dilaksanakan acara seremonial berupa pisah sambut Walikota dan Wakil Walikota Cilegon setelah paripurna DPRD Cilegon. 

“Hari Senin (besok-red) Pemkot Cilegon juga akan melakukan rapat persiapan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon. Hanya beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Bagian di Setda Kota Cilegon yang berkaitan (yang ikut rapat). Surat menyurat sampai ke pelantikan nanti Bagian Pemerintahan Setda Cilegon,” tutupnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp