DaerahEkonomi & BisnisKota Cilegon
Trending

Jelang Diresmikan Presiden Jokowi, Pabrik HSM 2 Milik Krakatau Steel Ditinjau Menperin 

CILEGON, BANTEN RAYA- Menteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja meninjau pabrik Hot Strip Mill (HSM) 2 di PT Krakatau Steel (KS), Kamis (25/3/2021). Kunjungan tersebut sebagai persiapan peresmian pabrik di Kawasan Industri Krakatau Steel yang rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada April 2021 mendatang. 

Pada kunjungan ke pabrik HSM 2, Menperin didampingi Direktur Utama (Dirut) PT KS Silmy Karim dan beberapa pejabat tinggi di perusahaan milik Badan Usaha Milik Negera (BUMN) yang memroduksi baja tersebut. 

Menperin RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, dalam waktu dekat pabrik HSM 2 milik PT KS diharapkan bisa beroperasi. 

“Kunjungan saya ke sini, untuk melihat kesiapan HSM 2 PT Krakatau Steel yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo. Kami perlu menyampaikan kesiapan ini,” katanya.

Agus menuturkan, PT KS yang mulai beroperasi sejak 1970 telah banyak berkontribusi dalam perkembangan manufaktur di Indonesia. PT KS juga bisa membuktikan produknya tidak kalah dengan produksi dari negara lain. “Kami berharap, KS bisa mendukung program Kemenperin dalam program substisusi impor 35 persen hingga 2022,” katanya. 

Ia juga meminta, PT KS tetap menjaga kesehatan perusahaan dengan mengedepankan pengelolaan perusahaan dengan good governance. “Ini perusahaan publik, butuh kepercayaan publik, kepercayaan calon investor dan perbankan, kepercayaan itu harus dijaga,” pintanya. 

Dirut PT KS Silmy Karim mengatakan, pabrik HSM 2 memroduksi hot rolled coil (HRC) dengan kapasitas 1,5 juta ton per tahun. Saat ini pembangunan pabrik dalam fase commissioning. Investasi yang digelontorkan 1 juta US dollar. “Kami berharap suplai HRC bertambah 1,5 juta ton per tahun dari HSM 2,” tuturnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp