Kota Cilegon
Trending

Jelang Ramadan, Peziarah Padati Maqom Syeikh Djamaluddin

CILEGON, BANTEN RAYA- Jelang datangnya bulan suci Ramadan 1442 hijriah, Maqom Syeikh Djamaluddin di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, dipadati pengunjung.

Ribuan pengunjung datang ke lokasi untuk berziarah. 
Pantauan Banten Raya, Kamis (8/4/2021), di lokasi ribuan pengunjung tampak memadati area Maqom Syeikh Djamaluddin. Peziarah yang datang berasal dari Kota Cilegon dan Serang. Para pengunjung datang menggunakan bus pariwisata. 

Salah satu pengunjung Agustini mengatakan, Ia ziarah ke Maqom Syeikh Djamaluddin di Pelabuhan Merak karena menjelang ramadan. Ia sudah biasa ziarah menjelang ramadan. Biasanya ke Banten Lama dan saat ini ke Maqom Syeikh Djamaluddin di Pelabuhan Merak. 

“Saya datang dari Serang ziarah ke sini (Maqom Syeikh Djamaluddin-red) sama teman-teman, naik kereta api turun di Stasiun Merak,” kata Agustini ditemui di Maqom Syeikh Djamaluddin. 

Agustini mengatakan, meskipun melakukan ziarah dan bertemu banyak orang, Ia tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker. Ia memilih ziarah ke Maqom Syeikh Djamaluddin Merak karena juga biayanya cukup murah atau seikhlasnya.
“Pas saya ke sini, lumayan ramai juga pengunjungnya,” tuturnya. 

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Syeikh Djamaluddin Merak, Chusairi mengatakan, menjelang Ramadan 1442 hijriah atau dua pekan terakhir peziarah membludak. Di hari-hari biasa pengunjung sekitar 1.000 orang per hari. Saat ini, sekitar 4.000 orang per hari. 
“Peziarah meningkat karena ini mau Ramadan. Sehari bisa ada 40 unit bus. Satu bus kan rata-rata sekitar 60 orang,” terangnya. 

Chusairi menjelaskan, peziarah juga tetap mematuhi protokol kesehatan. Semua wajib mengenakan masker. “Peziarah yang mau masuk dan berdoa di dalam Maqom, dilakukan bergantian, jadi tidak berdesakan. Yang mau masuk Maqom juga wudhu dan cuci tangan pakai sabun, jadi bersih,” tutupnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp