DaerahEkonomi & BisnisKota Cilegon
Trending

Kabar Baik, Karyawan Kena PHK Bakal Dapat Uang Tunai dan Pelatihan dari BPJS Ketenagakerjaan

CILEGON, BANTEN RAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cilegon tengah gencar melakukan edukasi program jaminan kehilangan pekerjaan (JKP). Lewat program itu, Karyawan atau buruh peserta BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan bantuan uang tunai dan pelatihan jika terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cilegon Hari Dwi Marwoko menjelaskan, JKP merupakan amanah baru dari Undang-undang tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kehilangan Pekerja. Tahun ini progam tersebut akan dilaksanakan, tinggal menunggu petunjuk teknis.

“Selain ada jaminan hari tua, kematian, kecelakaan kerja dan pensiun, sekarang ada JKP. Direncanakan JKP itu berupa uang tunai dan pelatihan. Namun, hal tersebut tetap akan menunggu juknis, untuk UU dan PP-nya sudah terbit,” katanya, Sabtu (27/3/2021).

Hari menegaskan, jika program baru tersebut tidak akan membebani pembiayaan tembahan kepada peserta. Hal itu murni merupakan kepedulian dan perhatian dari pemerintah serta BPJS Ketenagakerjaan.

“Ini perlu dicatat tidak membebankan iuran tambahan dari peserta. Ini program baru yang pure (murni-red) tidak membebankan kepada peserta. Dengan kondisi sekarang kasihan jika tenaga kerja diberhentikan namun tidak ada perhatian,” tegasnya.

Untuk sekarang, papar Hari, pihaknya tengah gencar melakukan edukasi kepada peserta perusahaan-perusahaan kaitan dengan JKP tersebut.

“Maret ini kami sedang gencar melakukan edukasi ke perusahaan-perusahaan. Tahun ini program akan diberlakukan tinggal menunggu juknis,” paparnya. (uri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp