DaerahKota Cilegon
Trending

Kapal Kumala II Tabrak Breakwater Pelabuhan Merak, 15 Kendaraan Rusak

CILEGON, BANTEN RAYA- Kecelakaan laut terjadi di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jumat (15/1/2021) dini hari. Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Kumala menabrak pemecah gelombang atau breakwater di sekitar Pelabuhan Merak. 

Informasi yang dihimpun Banten Raya, KMP Kumala yang berlayar dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak memasuki area Pelabuhan Merak sekitar pukul 00.15 WIB. Saat hendak sandar di Dermaga IV Pelabuhan Merak, kapal menabrak breakwater. Kendaraan yang berada di dalam kapal saling berbenturan akibat kejadian tersebut. 

Meski tidak ada korban jiwa, terhitung ada sekitar 15 kendaraan di dalam kapal memgalami kerusakkan. Tak lama berselang kapal bisa sandar di Dermaga IV Pelabuhan Merak. 

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar pada Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten Ganefo mengatakan, akibat kecelakaan tersebut 9 truk, 5 mobil pribadi dan 1 mobil travel mengalami kerusakkan. Kendaraan yang rusak diderek menggunakan derek milik PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak. “Kendaraan sudah keluar dari kapal dan saat ini di parkiran Pelabuhan Merak,” katanya. 

Ganefo menjelaskan, KMP Kumala II saat ini sudah lego jangkar dan keluar dari jadwal penyeberangan. Pihaknya masih mencari tahu penyebab kecelakaan laut tersebut. “Kapal lagi lego jangkar tim kita memeriksa kerusakan dan penyebab kecelakaan,” terangnya. 

Ia menambahkan, KMP Kumala II merupakan kapal milik PT Dharma Lautan Utama (DLU). “Kapal itu juga baru masuk di lintasan Merak-Bakauheni belum lama. Kita belum mengetahui penyebabnya, apakah karena belum hafal lintasan atau karena cuaca buruk, atau karena apa,” pungkasnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp