DaerahKesehatanKota Cilegon

Kasus Terus Bertambah, Kontrak Trans Hotel Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Diperpanjang

CILEGON, BANTEN RAYA- Trans Hotel kembali dipilih oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon sebagai tempat isolasi bersama pasien positif korona dengan kategori orang tanpa gejala (OTG). Kontrak Trans Hotel diperpanjang hingga tiga bulan ke depan hingga Maret 2021.

Asisten Daerah (Asda) II Pemkot Cilegon Tb Dikrie Maulawardhana mengatakan, kontrak Trans Hotel sebagai wisma isolasi bersama orang yang positif korona dengan kategori OTG kembali diperpanjang. Perpanjangan kontrak Trans Hotel lantaran saat ini kasus positif korona di Kota Cilegon masih terus bertambah. 

“Saat ini yang positif korona masih terus bertambah, jadi tempat isolasi bersama Trans Hotel diperpanjang karena masih dibutuhkan untuk mencegah penyebaran virus korona di klaster keluarga. Trans Hotel hanya untuk OTG kalau yang ada gejala sakit ke rumah sakit,” kata Dikrie ditemui kantornya, Selasa (5/1/2021). 

Dikatakan Dikrie, anggaran yang disiapkan untuk tempat isolasi bersama tersebut senilai Rp1,3 miliar yang bersumber dari Biaya Tidak Terduga (BTT) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cilegon 2021. “Anggaran yang kita siapkan sama kaya tahun lalu Rp1,3 miliar untuk tiga bulan,” katanya.

Dikrie menjelaskan, di daerah lain juga tempat isolasi mandiri masih terus dilakulan. Pada dua peka  lalu, Trans Hotel juga sempat penuh pasien positif korona. Sehingga, pihaknya juga menyiapkan tempat lain untuk isolasi bersama yaitu di Wisma Singgah milik Dinas Sosial (Dinsos) Cilegon di Cikerai. 

“Di Trans Hotel kapasitas 48 kamar jika penuh bisa di Wisma Singgah Dinsos. Di Wisma Singgah Dinsos pelayanan medis tetap sama dengan di Trans Hotel, hanya fasilitas penunjangnya mungkin berbeda, misal di Trans Hotel pakai AC di Wisma Singgah kipas angin,” terangnya.

Ia menjelaskan, kontrak dengan Trans Hotel bisa diperpanjang jika kasus korona terus bertambah. Namun, harapannya setelah dilakukan vaksinasi ke beberapa prioritas orang penerima vaksin, kasus positif korona di Cilegon bisa berkurang. “Mudah-mudahan setelah divaksin kasus korona bisa berkurang,” harapnya. 

Data yang diperoleh Banten Raya, pada Minggu (3/1), orang yang menjalani pemulihan di Trans Hotel berjumlah 16 orang. Sementara sebanyak 214 orang selesai isolasi di Trans Hotel. 

Sementara data per Senin (4/1/2021), kasus positi korona di Cilegon sudah mencapai 1.945 orang. Sebanyak 140 orang masih dirawat, 1.729 orang sembuh dan 76 orang meninggal dunia. (gillang)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: