DaerahKota Cilegon
Trending

Kepala Dishub Cilegon Diduga Perintahkan Tarik Pungutan Truk Parkir di JLS, per Unit Kena Rp7.000

CILEGON, BANTEN RAYA – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon Uteng Dedi Apandi diduga memberikan instruksi untuk memungut biaya parkir kepada truk besar di pinggir Jalan Lingkar Selatan (JLS). Padahal sebelumnya Walikota Cilegon Edi Ariadi meminta agar tidak ada pungutan di sana karena keberadaan parkir truk tersebut menganggu kenyamanan.

Sekretaris Dishub Kota Cilegon Gunawan membenarkan, adanya pungutan tersebut yang dilakukan atas perintah kepala Dishub. Per truk dipungut sebesar Rp7.000

“Ya semenjak kepala dinas baru (Uteng Dedi Apandi-red) ada pungutan untuk truk,” katanya kepada wartawan, Selasa (19/1/2021).

Padahal, lanjut Gunawan, sebelumnya Dishub Kota Cilegon diperintahkan untuk tidak melakukan pungutan terhadap parkir liar di JLS, terutama untuk truk.

“Sebelumnya Dishub menjalankan perintah Pak Walikota untuk tidak memungut. Tapi sekarang dipungut,” paparnya.

Gunawan menuturkan, apakah itu legal atau tidak hal tersebut diminta untuk ditanyakan langsung kepada Uteng. Sebab, seharusnya berdasarkan perintah Walikota Cilegon Edi Ariadi, Dishub tidak boleh memungut. Terlebih itu parkir truk di JLS termasuk tidak legal dan mengganggu bagi pengguna jalan.

“Ya kan tidak boleh. Tapi itu tanyakan langsung ke Pak Kadis,” imbuhnya.

Sementara itu, menurut salah seorang pegawai Dishub Kota Cilegon yang enggan disebutkan namanya mengatakan, jika parkir truk dibahu jalan dipungut sebesar Rp7 ribu per truk berdasarkan perintah Uteng.

“Kan biasanya ada tuh petugasnya, dipungut Rp7.000 rupiah per truk yang parkir itu. Katanya sih kebijakan dari Pak Kadisnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, pungutan tersebut diambil oleh petugas dengan kendaraan Dinshub Kota Cilegon yang setiap harinya berkeliling memungut parkir truk di JLS.

“Kalau ada truk yang parkir sembarangan, mereka harus bayar ke petugasnya. Ada kok kendaraan Dishub yang keliling bertugas memungut uang parkir liar,” tandasnya. (uri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp