DaerahKesehatanKota Cilegon
Trending

Kondisi Darurat Butuh Ambulans, Warga Cilegon Bisa Hubungi Nomor Ini, Gratis!

CILEGON, BANTEN RAYA- Badan Amil dan Zakat Nasional (Baznas) Kota Cilegon menyerahkan bantuan 55 kursi roda kepada penyandang disablitias dan lanjut usaia (lansia) di Kota Cilegon. Selain penyerahan kursi roda, Baznas Kota Cilegon juga melakukan peluncuran program ambulans gratis untuk warga Kota Cilegon. 

Penyerahan kursi roda secara simbolis dilakukan langsung oleh Walikota Cilegon Helldy Agustian didampingi Ketua Baznas Kota Cilegon Samsul Rizal kepada penyandang disabilitas dan lansia di Kantor Banzas Kota Cilegon di Perumahan Metro, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Kamis (22/7/2021). 

Walikota Cilegon Helldy Agustian mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kota Cilegon yang telah menyalurkan kursi roda kepada penyandang disabilitas dan lansia di Kota Cilegon. Di Kota Cilegon, ada sekitar 1.468 orang yang membutuhkan kursi roda karena mengalami ketunaan atau sakit. 

Related Articles

“Ini program kepedulian kita, mengetuk berbagai pihak untuk membantu masyarakat Kota Cilegon yang tidak bisa berjalan dan perlu kami tegaskan ini non APBD,” katanya. 

BACA JUGA: PPKM Bikin Penghasilan Sopir Bus Anjlok, Sehari Cuma Bawa Pulang Rp15.000

Saat ini, kata Helldy, sekitar 300 penyandang disablitas dan lansia sudah menerima bantuan kursi roda. “Kami berharap para industri, swasta, dan donatur bisa memberikan bantuan untuk saudara-saudata kita yang tidak bisa berjalan,” harapnya.

Helldy mengatakan, selain kursi roda, Baznas Kota Cilegon juga meluncurkan program ambulans gratis bagi warga Kota Cilegon. Saat ini, kebutuhan ambulans meningkat. Bahkan, rumah sakit banyak yang penuh. 

“Mari kita jaga diri kita dan keluarga kita dari bahaya Covid-19. Mari, kita terapkan protokol kesehatan dengan ketat. Kami berharap, ambulans ini bukan untuk umum saja, melainkan bisa dikhususkan untuk pasien Covid-19,” pintanya. 

Ketua Baznas Kota Cilegon Samsul Rizal mengatakan, penyerahan bantuan kursi roda merupakan dukungan Baznas Kota Cilegon terhadap program Walikota Cilegon. “Ada 55 kursi roda yang kami berikan. Kami minta data lansia dan penyandang disabilitas ke Dinsos Cilegon,” ujarnya. 

Samsul mengatakan, untuk program ambulans gratis, bisa dipakai seluruh warga Kota Cilegon yang membutuhkan. Namun, saat ini baru ambulans umum yang disediakannya. Saat ini baru satu unit ambulans. Baznas Kota Cilegon belum menyediakan ambulans khusus untuk Covid-19.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

“Kami akan uji coba dulu sebulan atau dua bulan untuk ambulans gratis, bisa diperuntukan untuk orang sakit non Covid-19, kecelakaan atau ibu mau melahirkan. Ke depan, dalam waktu tiga bulan kami akan coba beli juga ambulans khusus untuk Covid-19, dan kami akan memberikan pelatihan dulu bagi sopir ambulansnya,” ucapnya. 

Samsul menambahkan, bagi warga Kota Cilegon yang membutukan ambulans, bisa hubungi nomor telepon Baznas Kota Cilegon 0878-7599-1333. “Jadi, kalau dalam keadaan darurat membutukan ambulans, segera hubungi Baznas Cilegon,” ujarnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button