Kota Cilegon
Trending

KPPU Inspeksi Dugaan Monopoli Usaha Dermaga Eksekutif Merak, Ini Hasilnya…

CILEGON, BANTEN RAYA – DPP Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) bersama Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melakukan inspeksi di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Senin (22/2/2021).

Inspeksi dilakukan sebagai tahapan laporan Gapasdap soal adanya dugaan monopoli persaingan usaha yang dilakukan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry Cabang Merak di dermaga eksekutif. Seperti diketahui, dermaga tersebut hanya melayani kapal milik ASDP.

Ketua Umum DPP Gapasdap Khoiri Soetomo menjelaskan, sebelum difungsikan sebagai dermaga eksekutif, dermaga tersebut merupakan dermaga reguler. Tapi semenjak November 2018, kapal yang boleh dioperasikan hanya milik ASDP.

“Saat ini ada semacam pra investigasi, sama-sama melihat. Nantinya akan ada juga penyelidikan yang lebih lanjut. Sebenarnya sudah lama 2019 (laporan) tetapi memang berjalannya waktu dan setelah melihat ketimpangan tidak seusai dengan fasilitas maka harus dikembalikan lagi,” katanya.

Khoiri menyatakan, adanya monopoli persaingan tidak sesuai dengan Undang-undang Nomor 5/1999 dimana di lapangan harus diberikan kesempatan yang sama. Termasuk juga KPPU melakukan pengecekan terhadap kapal-kapal milik operator atau swasta yang dinilai layak sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

“Kami berharap KPPU bisa memberikan keputusan yang adil untuk seluruh pemangku kepentingan, itu baik fasilitor atau ASDP, opreator dan masyarakat bisa adil, tidak boleh ada distorsi sehingga ada ketimpangan,” imbuhnya.

Sementara itu Tim KPPU Devi Astria enggan memberikan komentar kedatangannya di Dermaga Eskekutif Pelabuhan Merak tersebut.

“Kami hanya tim saja. Kami tidak bisa komentar yah,” singkatnya.

Hal senada juga disampaikan General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan Indonesia Ferry Cabang Merak Hasan Lessy yang ada di lapangan dan tidak berkenan memberikan komentar.

“Tidak komentar yah,” paparnya. (uri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp