DaerahKota Cilegon
Trending

Langgar Larangan Mudik, Siap-siap Diangkut Truk Dalmas Polisi

CILEGON, BANTEN RAYA- Polres Cilegon menyiapkan truk pengendalian massa (dalmas) untuk mengembalikan masyarakat yang tak mematuhi kebijakan larangan mudik Lebaran 2021 masehi. Hal itu dipersiapkan sebagai antisipasi adanya travel gelap atau angkutan barang yang digunakan untuk mengangkut penumpang.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan, tahun ini petugas gabungan yang terdiri dari polisi, TNI, Satpol PP, dan Dishub tidak akan main-main bagi pemudik yang mencoba kucing-kucingan dengan petugas.

“Kita akan bongkar, bahasa saya, kita akan buka terpal, kalau mobil boks kita akan buka boksnya, kalau mobil terpal kita akan buka terpalnya,” kata Sigit, Selasa (20/4/2021).

Sigit mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi pemudik yang kucing-kucingan dengan petugas. Travel gelap maupun angkutan barang yang dicurigai mengangkut orang akan diperiksa satu per satu di beberapa titik cek poin menuju Pelabuhan Merak.

“Seperti terjadi pada tahun lalu, mobil boks, mobil barang diisi oleh manusia, antisipasinya akan kami lakukan pemeriksaan kami akan bongkar,” tegasnya.

Baca juga

Polda Banten dan ASDP Tutup Akses Pemudik di Merak

Pria yang berpangkat melati dua ini menegaskan, jika pihaknya mendapati pemudik yang masuk ke dalam kendaraan boks atau truk sejenisnya. Pihaknya tidak akan ragu untuk menurunkan pemudik dan mengembalikan ke tempat asal.

“Nanti kita pikirkan bagaimana dia bisa kembali ke asalnya, itu tantangan bagi kami. PR (pekerjaan rumah) kepolisian dihadapkan dengan masalah itu, karena bus tidak boleh jalan. Ketika terjadi seperti itu mau tidak mau, kita harus balikan mereka menggunakan truk dalmas,” ucapnya.

Mantan penyidik KPK ini mengungkapkan, pihaknya saat ini sudah membuat dua lokasi penyekatan yakni di Simpang Tiga Gerem dan di Pelabuhan Eksekutif Merak, sementara penyekatan yang dilakukan di keluar pintu tol itu dilakukan oleh Polda Banten. “Kita nanti bekerja sama dengan Polda Banten dan Pemkot Cilegon,” tuturnya. (gillang/rahmat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp