DaerahKesehatanKota Cilegon
Trending

Maaf Ya! Car Free Day Cilegon Belum Bisa Digelar, Ini Alasannya

CILEGON, BANTEN RAYA – Walikota Cilegon Helldy Agustian belum mengizinkan pedagang kaki lima (PKL) yang tergabung dalam Paguyuban Wirausaha Cilegon (Pawon) berjualan di Jalan Yasin Beji, Kota Setiap hari Minggu. Lokasi tersebut sebelumnya menjadi tempat acara car free day (CFD). Kebijakan itu diambil lantaran Cilegon kembali masuk pada zona oranye Covid-19.

Helldy mengaku, telah membahas rencana pembukaan CFD dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cilegon. Ia mengaku akan mengundang Pawon terlebih dahulu sebelum membuka CFD.

“Nanti dulu, belum dibuka. Paling Minggu depan. Kami akan ketemu dengan Pawon dulu, kami undang Pawon untuk menyiapkan skema yang akan dilakukan dalam pembukaan CFD,” ujarnya.

Politikus Partai Beringin Karya itu menjelaskan, alasan Ia tidak buru-buru membuka kembali CFD lantaran Kota Cilegon kembali menjadi zona oranye korona. Padahal, sebelumnya Kota Cilegon telah berstatus sebagai zona kuning korona.

“PPKM Mikro Kota Cilegon sebenarnya sudah cukup baik, dan penambahan kasus covid-19 tidak terlalu banyak, namun kemarin ada kasus positif Covid-19 yang meninggal dunia. Nah ini perlu kita evaluasi lagi,” ucapnya.

Selasa (8/6/2021) kemarin, Pawon melakukan rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPRD Kota Cilegon. Rapat dengar pendapat itu dilakukan untuk menyampaikan aspirasi para PKL yang menginginkan agar CFD dibuka kembali.

Ketua Pawon, Iim Ibrohim mengatakan, tuntutan pedagang CFD hanya satu, yaitu agar CFD di Jalan Yasin Beji, Kelurahan Kotabumi, Kota Cilegon, agar dibuka kembali. Pasalnya, roda perekonomian yang berputar di CFD sangat membantu para pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM).

“Kami minta agar CFD dibuka lagi,” kata Iim kepada awak media.

Iim mengaku sanggup untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang diminta oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon saat dibukanya kembali CFD. Adanya permintaan Dinkes Kota Cilegon agar seluruh PKL di vaksin, Ia juga akan segera menyampaikan hal tersebut kepada para pedagang.

BACA JUGA: Tiga Daerah di Banten Kembali ke Zona Oranye Penyebaran Covid-19

“Ada 507 pedagang di CFD, ini perlu diperhatikan oleh pemerintah. Jadi kami juga akan mengatur (waktu berjualan). Pemilik lapak dengan nomor ganjil di Minggu ini, nanti Minggu depannya pemilik lapak dengan nomor genap. Ini upaya kami memcegah kerumunan,” tuturnya.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Cilegon Erik Airlangga juga mendukung aspirasi para pedagang CFD. Ia meminta kepada Walikota Cilegon untuk membuka kembali CFD dengan catatan melaksanakan prokes dengan ketat.

“Ini kan yang berjualan juga warga Kota Cilegon, pelaku UMKM yang memang perlu dukungan pemerintah, kami mendorong agar CFD kembali dibuka,” pintanya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp