DaerahKota Cilegon
Trending

Meski Mudah, Kesadaran Warga di Cilegon Bikin Akta Kematian Rendah

CILEGON, BANTEN RAYA – Kesadaran warga Kota Cilegon untuk membuat akta kematian keluarganya yang meninggal dunia dinilai masih rendah. Padahal, pembuatan akta kematian yang fungsinya sangat penting itu sangat mudah.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cilegon Hayati Nufus mengatakan, sejumlah masyarakat yang telah meninggal dunia masih masuk dalam daftar penerima bantuan akibat keluarganya tidak melaporkan. 

Selain itu, kata dia, warga yang telah meninggal dunia juga diketahui masih masuk dalam daftar pemilih pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon 2020 lalu.

“Banyak laporan begitu, ada dari OPD (organisasi perangkat daerah) terkait, seperti Dinsos (Dinas Sosial), ada juga petugas coklit (pencocokan dan penelitian data) dari KPU (Komisi Pemilihan Umum),” kata Nufus, Minggu (4/4/2021).

Nufus menjelaskan, untuk membuat akta kematian sangat mudah, masyarakat cukup melaporkan kematian tersebut kepada pejabat rukun tetangga (RT) setempat. Kemudian, pejabat RT yang melaporkan hal tersebut ke kecamatan atau ke Disdukcapil, baik secara online maupun langsung.

“Pelaporan kematian bisa online, cukup lewat whatsapp, nanti akta kematian yang baru dan KK (Kartu Keluarga) terbaru bisa dikirim via Pos,” terangnya.

Jika datang langsung, lanjut dia, RT datang ke Disdukcapil sambil membawa KTP warga yang meninggal dunia dan KK lama dengan tujuan untuk dimusnahkan. Masyarakat diharapkan proaktif untuk melaporkan kematian anggota keluarga, karena hal itu tak hanya bisa berdampak pada data kependudukan, tapi juga untuk kepentingan pribadi.

“Kan ada beberapa urusan yang memerlukan dokumen (akta kematian) itu, seperti asuransi, kredit di perbankan dan sebagainya,” terangnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pusat Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) pada Disdukcapil Kota Cilegon Abdullah menambahkan, peran serta masyarakat serta aparatur di tingkat RT sangat penting agar tertib administrasi kependudukan bisa berjalan dengan baik. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp