DaerahKota Cilegon
Trending

Mobil Sweeper Pemkot Cilegon Akhirnya Keluar dari Sarang, Sudah Terlihat Bersihkan Jalur Protokol

CILEGON, BANTEN RAYA – Setelah sempat tidak beroperasi karena terkendala anggaran bahan bakar minyak (BBM), mobil street sweeper atau penyapu jalan milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon kembali beroperasi pada Jumat (2/4/2021) dini hari.

Koordinator Penanganan Sampah DLH Kota Cilegon Cecep Setiawan mengatakan, pihaknya sudah kembali mengoperasikan mobil senilai Rp3,9 miliar itu dengan rute sepanjang jalan protokol. 

Menurutnya, pengoperasian alat tersebut dilakukan pada jam tertentu, misalnya ada dini hari. Oleh karenanya, sangat wajar jika tidak banyak warga yang mengetahuinya.

“Sejauh ini rute mobil street sweeper (beroperasi) dari Kantor Walikota sampai PCI dengan dua kali putaran. Untuk operasional seminggu 3 kali, Senin, Rabu dan Jumat dini hari,” katanya.

Cepep menambahkan, disimpannya mobil tersebut di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Kelurahan Bagendung Kecamatan Cilegon murni hanya karena faktor keamanan. Sebab. mobil yang semula disimpan di garasi Kantor DLH Kota Cilegon termasuk rawan. Sebab, beberapa kali kantor tersebut kedapatan tak dijaga petugas keamanan.

“Fungsinya untuk menyedot debu bukan air, kalau hujan tidak kita operasikan karena vacum bisa cepat aus. Sekitar 7 bulan kita simpan di TPSA untuk efesiensi operasional sekalian buang debu, kalau di kantor (DLH) lumayan jaraknya. Mobil ini rutin dirawat, cuma memang di TPSA belum ada garasi beratap,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Penanganan Sampah DLH Kota Cilegon Redha Badarudin mengungkapkan, pihaknya juga tengah melakukan kajian agar mobil bukan hanya beroperasi di jalur protokol saja. Namun, juga di Jalan Lingkar Selatan (JLS).

“Kami juga sedang melakukan kajian agar mobil ini bisa dioperasikan di JLS. Di sana banyak debu yang jadi penyebab laka lantas, ditambah tenaga kebersihan di jalan protokol sudah lumayan,” imbuhnya.

DLH Kota Cilegon, khususnya penanganan sampah papar Redha, juga akan terus digiatkan untuk mendukung program Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta yang ingin menargetkan raihan piala Adipura.

“Dengan adanya rencana program Pak Wakil Walikota kami sangat mendukung, sehingga Kota Cilegon bersih, indah dan bisa meraih piala Adipura,” pungkasnya. (uri)

Baca juga

Terkendala Anggaran BBM, Mobil Sweeper Seharga Rp3,9 Miliar Belum Bisa Difungsikan

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp