Berita BebasanDaerahKota CilegonPendidikan
Trending

Mulok Bebasan Diajarkan di Cilegon Mulai Tahun Ajaran 2021/2022

CILEGON, BANTEN RAYA – Selain program 100 hari kerja, Walikota Cilegon Helldy Agustian juga meluncurkan buku muatan lokal (Mulok) bebasan atau Bahase Jawe Cilegon. Peluncuran dilaksanakan dalam acara riung mungpulung Hari Ulang Tahun (HUT) ke 22 Kota Cilegon, Selasa (27/4/2021) lalu. 

Buku mulok bahasa bebesan Jawa Cilegon tersebut akan diterapkan pada pelajaran 2021/2022.

Kepala Dindik Kota Cilegon Ismatullah menyatakan, Mulok bahasa bebasan tersebut akan diajarkan dari kelas 1 sampai kelas 9. Nantinya, kata dia, pada ajaran baru tahun ini atau pada Juli, buku tersebut diajarkan.

“Sudah diluncurkan. Insya Allah itu akan jadi mulok dan diterapkan pada ajaran baru Juli mendatang,” katanya.

Ismat, panggilan akrab Ismatullah menyampaikan, penyusunan buku mulok tersebut sejak Januari dan dirampungkan pada April. Sebanyak 10 tim ahli dan 15 tim terlibat dalam penyusun buku mulok tersebut.

“Ada 10 tim ahli dan 15 tim penyusun yang terlibat. Ini kami rampungkan dan semoga dalam peluncuran ini diharapkan bahasa bebasan sebagai identitas warga Kota Cilegon bisa tetap lestari,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT Kota Cilegon sekaligus Asisten Daerah III Dana Sujaksani membenarkan, dalam riung mumpulung tidak hanya peluncuran program 100 hari kerja Walikota dan Wakil Walikota Cilegon dan Smart Village. Namun, juga buku Nalek Bahase Jawe Cilegon sebagai buku mulok.

“Ya ada tiga, pertama itu program 100 hari, kedua smart village dan ketiga buku bebasan,” ungkapnya.

Baca juga

Dukung UMKM, Wakil Walikota Cilegon Ngisungi Motivasi Pelaku Usahe

Dana menyampaikan, buku yang masuk dalam kurikulum mulok pendidikan tersebut, diharapkan bisa menjadikan bahasa bebasan bahasa yang dilestarikan, terutama untuk generasi penerus.

“Semoga saja dengan masuk dalam kurikulum pendidikan lokal, ini bahasa bebasan bisa terus dilestarikan para generasi,” paparnya. (uri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp