DaerahKota Cilegon
Trending

Office Boy Pemkot Cilegon Jadi Joki Absen 10 Pejabat

CILEGON, BANTEN RAYA – Seorang office boy (OB) Pemkot Cilegon menggantikan absen sidik jari untuk 10 orang pejabat. Kecurangan absensi pegawai ini diungkapkan Walikota Cilegon Helldy Agustian saat memberikan sambutan Sosialisasi Pembinaan Disiplin ASN di Lingkup Pemkot Cilegon. Kegiatan itu digelar di Aula Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik (Diskominfo) Kota Cilegon, Rabu (24/3/2021).

Berdasarkan cerita salah satu OB, kata Helldy, 10 jari OB tersebut bisa melakukan absen untuk 10 pejabat sekaligus.

“Saya tidak mau lagi mendengar cerita satu jari ini satu tandatangan, dan kalau 10 itu 10 tandatangan,” kata Helldy.

Helldy pun menceritakan, dirinya bekerja dari pagi hingga tengah malam. “Saya kerja dari jam delapan sampai jam 8 malam, malah kadang pulang baru pukul 23.00,” ungkapnya. 

Helldy meminta kepada Badan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai (BKPP) Kota Cilegon agar memperketat abesnsi pegawai. Salah satu caranya, absensi pegawai di Pemkot Cilegon harus diganti menggunakan absensi wajah, sehingga pegawai yang malas tidak bisa titip absen.

“Tolong absensi diganti berdasarakan wajah, bukan lagi jari. Ini agar karakter building kita bagus. Karena masyarakat rindu pelayanan yang bagus dari para pemangku kebijakan,” imbuhnya.

Helldy menambahkan, pihaknya juga meminta kepada BKPP agar tegas terhadap ASN yang indisipliner. Dia juga menyarankan pemecatan kepada pegawi yang melakukan pelanggaran berat.

“Ada banyak masyarakat yang ingin menjadi ASN, mau itu pendatang atau warga Kota Cilegon. Kami ingin tegas, jika perlu pecat, pecat saja,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala BKPP Kota Cilegon Heri Mardiana tidak membantah, jika masih ada ASN yang indispliner. Bahkan, ada yang sampai puluhan hari tidak masuk. Untuk itu pihaknya meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui Bagian Umum dan Kepegawaian melakukan pengecekan ulang.

“Sebenarnya untuk sanksi ringan itu kepala OPD bisa langsung memberikan. Sementara yang sedang dan berat maka kami dari BKPP dibantu Inspektorat, staf ahli dan bagian hukum,” imbuhnya. (uri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp