DaerahKota Cilegon

Pasar Rakyat Cikerai Diresmikan, Diharap Bisa Tekan Inflasi di Cilegon

CILEGON, BANTEN RAYA – Pasar Rakyat Cikerai yang berada di Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, diresmikan oleh Walikota Cilegon Edi Ariadi, Senin (14/12/2020). Dalam peresmian tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten Babar Suharso, serta unsur Forkopimda Kota Cilegon dan sejumlah pejabat di Pemkot Cilegon. 

Kepala Disperindag Provinsi Banten Babar Suharso mengatakan, kehadiran Pasar Rakyat Cikerai diharap bisa menekan inflasi di Kota Cilegon. Sebab, dengan adanya Pasar Rakyat Cikerai warga sekitar Kecamatan Cibeber bisa berbelanja ke sana.

“Sehingga bisa menekan harga kebutuhan pokok. Warga sekitar Cikerai bisa berbelanja dengan jarak yang lebih dekat tidak harus ke Pasar Kranggot. Harapan kami bisa menekan inflasi di Cilegon,” kata Babar dalam sambutannya. 

Ia menuturkan, Pasar Rakyat Cikerai yang masuk dalam program rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Cilegon 2016-2021 dianggap cukup baik. Bahkan, Pemprov Banten siap membantu menyediakan kebutuhan pokok dengan harga murah. 

“Kalau memang butuh bantuan operasi pasar, kita dari Pemprov Banten siap membantu untuk operasi pasar dengan tujuan menekan harga atau stabilitasi harga,” tuturnya. 

Menurut Babar, inflasi di Provinsi Banten salah satu penyebabnya yaitu inflasi di Kota Cilegon. Di mana, di Banten yang inflasinya cukup tinggi ada di Cilegon, Serang dan Tangerang. “Inflasi di Cilegon sendiri sekitar 1 sampai 2 persen. Sekarang kami prediksi tidak tinggi karena daya beli turun,” tuturnya. 

Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, Pasar Rakyat Cikerai sendiri merupakan program RPJMD 2016-2021. Saat ini di semua Kecamatan di Kota Cilegon sudah dibangun Pasar. “Saya juga meminta ke Disperindag Kota Cilegon untuk segera membuka Pasar di Grogol dan Citangkil yang sudah dibangun pemerintah,” tuturnya.

Edi meminta Disperindag Kota Cilegon untuk tidak memungut retribusi pasar hingga enam bulan ke depan. Ia menginginkan pedagang pasar agar bisa mengambil untung terlebih dahulu. “Saya minta ke Disperindag agar menggratiskan dulu semua pelayanan di Pasar Cikerai,” pintanya. 

Seperti diketahui, pasar tradisional atau yang saat ini disebut pasar rakyat dibangun pada tahun 2018 lalu. Pasar Rakyat Cikerai atau Pasar Cibeber berada di Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon. Anggaran pembangunan Pasar Cibeber tersebut bersumber dari APBD Kota Cilegon 2018, dengan nilai Rp1,6 miliar. Pasar tersebut dikerjakan oleh PT Ghailan Putra Abadi. Jumlah kios ada 14 unit dan lapak sebanyak 24 unit. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp