Kota Cilegon
Trending

Pelantikan Helldy-Sanuji Dijaga 450 Polisi, Hal Ini yang Jadi Ancaman..

CILEGON, BANTEN RAYA – Sebanyak 450 petugas kepolisian akan mengamankan prosesi pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon terpilih Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta pada Jumat (26/2) nanti.
Ratusan petugas dari Polres Cilegon dan Brimobda Banten itu juga akan dibantu anggota TNI, Satpol PP, Dishub, dan Satgas Covid-19 Kota Cilegon.

Selasa (23/2) kemarin, Kabag Ops Polres Cilegon Kompol Andi Suherman didampingi Sekretaris DPRD Kota Cilegon Bambang Hario Bintan meninjau setiap sudut Gedung DPRD Kota Cilegon.
Peninjauan gedung tersebut untuk menyiapkan pengamanan saat Rapat Paripurna Pengumuman Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon di gedung wakil rakyat itu.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono melalui Kabag Ops Polres Cilegon Kompol Andi Suherman mengatakan, total personil yang diterjunkan sebanyak 603 petugas gabungan dari kepolisian 450 orang, sisanya dari TNI, Satpol PP, Dishub, Damkar dan Satgas Covid-19 Kota Cilegon.

“603 personil dibagi ke tiga tempat, masing-masing 201 personil, yaitu di Rumah Dinas Walikota, Gedung DPRD Cilegon dan Hotel Royal Krakatau,” kata Andi ditemui di Gedung DPRD Kota Cilegon.

Menurut Andi, kepolisian yang dibantu oleh TNI, Satpol PP, Dishub, Damkar, Satgas covid-19 dan Sekuriti DPRD Cilegon itu juga dibagi menjadi tiga ring.

“Seperti di DPRD itu ring I di dalam Gedung DPRD, ring II luar pagar Gedung DPRD, dan ring III di simpul-simpul jalan sekitar Gedung DPRD. Di lokasi lain, juga pengamanannya sama,” katanya.

Dari 603 personil tersebut, kata Andi, pihaknya juga dibantu 150 personil dari Brimob Polda Banten. Pihaknya juga menempatkan kendaraan taktis di tempat-tempat yang menjadi pengamanan dalam prosesi pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon.

“Kami berharap semua berjalan aman. Tapi kalau ada demonstrasi kita juga siap melakukan langkah-langkah pengamanannya,” tuturnya.

Andi menjelaskan, dalam pengamanan pelantikan tersebut, pihaknya juga akan fokus penerapan protokol kesehatan (Prokes). Hal itu sebagai pencegahan penularan Covid-19.

“Kita akan berupaya semaksimal mungkin agar prosesi pelantikan juga tetap mengedepakan Prokes,” jelasnya.

Sekretaris DPRD Kota Cilegon Bambang Hario Bintan mengatakan, proses pelantikan dilangsungkan di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B). Kemudian, setelah itu akan dilangsungkan ramah tamah di Rumah Dinas Walikota Cilegon. Baru pada pukul 14.00 WIB akan dilaksanakan Rapat Paripurna di DPRD Kota Cilegon. “Di rapat paripurna kita hanya membatasi 200 orang undangan,” terangnya.

Bambang menambahkan, Prokes juga diterapkan di dalam Gedung DPRD Cilegon. “Undangan terbatas, kita tetap menjaga protokol kesehatan,” ujarnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp