DaerahKota Cilegon
Trending

Penyiraman Taman Median Jalan di Cilegon Habiskan Dana Ratusan Juta per Tahun

CILEGON, BANTEN RAYA – Pemeliharaan taman median jalan Kota Cilegon berupa penyiraman taman membutuhkan sebanyak 102.000 meter kubik air per hari. Total, diburuhkan dana senilai Rp200 juta per tahun untuk bisa melaksanakan kegiatan tersebut.

Kepala Bidang Sarana dan Arsitektur Kota pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Cilegon Nopi Kesuma mengatakan, dalam sehari butuh air sebanyak 102.000 meter kubik untuk penyiraman taman median jalan. 

“Perawatan taman median jalan tidak mudah. Memunyai karakteristik berbeda untuk taman median jalan di JLS (Jalan Lingkar Selatan) dan jalan protokol,” kata Nopi kepada Banten Raya, Jumat (26/3/2021).

Dalam sehari, kata Nopi, bisa menyiram tiga kali dengan menggunakan tujuh unit mobil tangki air yang dimiliki Disperkim Kota Cilegon. Saat ini, dengan jumlah armada tangki yang ada, masih butuh penambahan. 

“Tetapi, kita maksimalkan yang ada,” tuturnya.

Kata Nopi, petugas perawatan taman di Kota Cilegon, ada sebanyak 157 orang. Para petugas tersebut, bertanggung jawab merawat taman median jalan. 

“Taman median jalan di JLS lebih rumit dibandingkan di jalan protokol. Karena, di JLS sering terkena debu kendaraan pengangkut hasil tambang, jadi lebih rumit merawat tanamannya. Para petugas bukan hanya memangkas tanaman dan membabat rumput, tetapi juga membersihkan debu yang ada di taman median jalan,” tuturnya.

Nopi menjelaskan, anggaran untuk penyiraman taman median jalan dalam setahun sekitar Rp 200 juta. Anggaran itu untuk penyiraman saja. 

“Kalau SDM (sumber daya manusia) itu kan digaji bulanan karena pegawai PNS dan honorer,” tuturnya.

Ia menambahkan, kegunaan taman median jalan selain menambah estetika wajah kota, juga menjadi penghijau untuk membantu menambah oksigen. 

“Taman median jalan cukup banyak manfaatnya. Selain membuat kota terlihat asri, juga bisa membantu menambah sumber oksigen di tengah kota,” ujarnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp