DaerahHukum & KriminalKota Cilegon
Trending

Pesan Berantai Ajakan Menjebol Penyekatan Mudik di WhatsApp Beredar, Polres Cilegon Amankan Tiga Orang

CILEGON, BANTEN RAYA- Polres Cilegon mengamankan tiga pemudik di Pelabuhan Merak, Rabu (12/5/2021). Ketiga diduga sebagai penyebar pesan berantai ajakan mudik dengan tujuan berbagai kota di Pulau Sumatera dengan menjebol penyekatan melalui WhatsApp Messenger, Rabu (12/5/2021). 

Pesan berantai tersebut juga menyebar di grup WhatsApp. Isinya berupa ajakan menjebol penyekatan yang dilakukan polisi di Pos Gerem Kota Cilegon. Di beberapa pesan berantai, para pemudik dari Jabodetabek diminta untuk berkumpul di Alun-alun Kota Cilegon pada Rabu (12/5/2021) sebelum pukul 03.00 WIB.

Tepat pukul 03.00 WIB, para pemudik yang kumpul di Alun-Alun Kota Cilegon direncanakan berangkat bersama menuju Pelabuhan Merak, untuk selanjutnya naik ke kapal menuju ke Sumatera. Namun, hal itu urung dilakukan setelah Polres Cilegon mengamankan tiga pemudik yang sepeda motornya ditandai dengan pita hijau. Ketiganya dicurigai sebagai koordinator mudik bersama menggunakan sepeda motor menuju Sumatera. 

Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono membenarkan tiga terduga pelaku yang menyebarkan ajakan untuk mudik ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak telah ditangkap. “Kami amankan sementara sampai 3 orang dan akan terus berkembang,” kata Sigit kepada awak media, Rabu (12/5/2021). 

Sigit mengungkap, penangkapan terduga pelaku bermula dari adanya pesan ajakan yang menyatakan pada Selasa (11/5/2021) akan ada gelombang pemudik motor yang akan masuk wilayah Banten. 

Ia menegaskan, pesan tersebut merupakan perbuatan melawan hukum karena melawan kebijakan pemerintah terkait larangan mudik untuk pencegahan penularan Covid-19. Kegiatan itu merupakan tindakan provokasi di mana bisa mengakibatkan kasus pandemi Covid-19 melonjak. Ketiga terduga akan disangkakan dengan pasal 212, 216 dan 218 UU KUHP.  

“Nanti kami akan rilis berikutnya. Untuk saat ini semua tim bergerak,” ucapnya. 

BACA JUGA: Sudah 2.204 Kendaraan yang Diminta Putar Balik, Kapolda Banten: Demi Kebaikan Bersama

Ketiga pemudik yang diamankan, kata Sigit, semuanya menggunakan motor dengan tanda khusus pita hijau di plat nomor. Sesaat sebelum masuk pelabuhan, petugas  memberhentikan pemudik motor itu. Saat itu petugas mencurigai ketiganya hendak mudik. Karena di pelat nomor dipasang tanda pita hijau seperti pesan ajakan mudik yang beredar di whatsapp grup. 

“Ketiga pemudik dan motor bernomor plat B 6728 GAC dan BE 2311 UE yang dikendarai langsung diamankan petugas. Mereka langsung dibawa ke Mapolsek Kawasan Pelabuhan Merak. Ketiganya langsung diamankan ke dalam kantor untuk diintrogasi lebih lanjut,” terangnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp