Kota Cilegon
Trending

Rachmat Gobel Dukung Krakatau Steel Kuasai Proyek Nasional, Silmy Karim PeDe Wujudkan Hal Tersebut

CILEGON, BANTEN RAYA – PT Krakatau Steel (KS) merupakan industri strategis yang cukup besar dan bisa menjadi produsen yang mampu bersaing di pasar nasional maupun global dengan dukungan peraturan pemerintah dan pemanfaatan teknologi. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel saat melakukan kunjungan ke pabrik PT KS, Selasa (16/3).

“Saya sangat mengapresiasi industri nasional seperti Krakatau Steel yang mau berusaha untuk terus kompetitif. Kami terus dorong untuk lebih maju terlebih dengan sudah mulai berkurangnya porsi impor dan perdagangan dalam negeri yang fair,” ujar politisi Partai Nasdem ini.

Rachmat menyatakan dukungannya terhadap pernyataan Presiden RI Joko Widodo untuk mewujudkan keberpihakan penggunaan produk industri dalam negeri, terutama untuk proyek pemerintah yang masih banyak menggunakan produk impor.

“Ke depan, DPR RI berkomitmen untuk bersama-sama menghadang derasnya produk baja impor masuk ke Indonesia dengan mengoptimalkan P3DN (Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri) dan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) untuk kebutuhan industri nasional. Saya juga berharap pemerintah dapat mengatur dan saling berkoordinasi untuk bersama berkomitmen pro kepada industri dalam negeri dengan memaksimalkan penerapan P3DN dan TKDN. Kita harus memproteksi dan mendukung penggunaan produk negeri sendiri agar industri nasional dapat menguasai pasar dalam negeri,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama (Dirut) PT KS Silmy Karim menyatakan, produk baja unggulan Krakatau Steel yakni Hot Rolled Coil (HRC)/Baja Canai Panas dan Cold Rolled Coil (CRC)/Baja Canai Dingin semakin kompetitif dan sesuai dengan standar produk kualitas ekspor yang berkualitas tinggi.

“Produk kami semakin kompetitif, dan sekarang sudah diakui oleh pasar internasional. Dimulai dari tahun 2020, produk HRC Krakatau Steel berhasil menembus pasar ekspor Australia dan Malaysia. Kemudian baru-baru ini pun Krakatau Steel melakukan ekspor baja HRC ke benua Eropa sebanyak 20.000 ton dengan negara tujuan Portugal, Italia, dan Spanyol,” jelasnya.

Untuk pasar dalam negeri, lanjut Silmy, produk PT KS juga berperan penting dalam pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah proyek fenomenal jalan tol layang Jakarta-Cikampek II, proyek Light Rapid Transit, Bandara New Yogyakarta International Airport, maupun produk pipa baja Krakatau Steel juga sangat strategis di sektor minyak dan gas.

“Dengan Level Playing Field yang sama, di mana perdagangan dilakukan secara fair (tidak curang), kami yakin produk kami bisa bersaing dengan produk impor. Dan kami ingin wujudkan mimpi industri dalam negeri bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” tegasnya. (danang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp