DaerahKota Cilegon
Trending

Ratusan Pejabat Pemkot Cilegon Bakal “Dipaksa” Kehilangan Jabatan, Ada Apa?

CILEGON, BANTEN RAYA – Sebanyak 80 persen dari total 800 pejabat eselon IV dan III di lingkup Pemkot Cilegon bakal kehilangan jabatan strukturalnya. Hal itu terjadi karena adanya peralihan menjadi pejabat fungsional.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Cilegon Sam Wangge mengungkapkan, pihaknya masih menunggu peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenpanRB) dan peraturan Presiden untuk kepastian tentang peralihan jabatan adminitrasi pindah ke jabatan fungsional.

“Sampai hari ini kami masih menunggu permen dan perpresnya. Jika terbit maka kami akan laksanakan,” katanya kepada wartawan, Senin (5/4/2021).

Sam menambahkan, berdasarkan PermenpanRB Nomor 28 Tahun 2019 tentang Penyetaraan Jabatan Adminitrasi ke Dalam Jabatan Fungsional mengamanatkan usulan penyetaraan selambat-lambatnya sudah masuk pada Juni. Pemkot Cilegon sendiri sudah mengirimkan usulan penyetaraan tersebut. 

Akan tetapi, lanjut Sam, usulan itu belum bisa ditindaklanjuti KemenpanRB. Sebab, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selaku koordinator pengawas mengusulkan penangguhan ke KemenpanRB karena menumpuknya usulan yang masuk dari daerah.

“Kami sudah mengajukan usulan ke KemenpanRB. Di Banten ada dua, Cilegon dan Kota Tangerang yang mengusulkan. Namun, sampai sekarang belum ada koreksi dan validasi. Dipending sementara,” imbuhnya.

Sam mengungkapkan, dalam usulannya Pemkot Cilegon membuat skenario terburuk yaitu seluruhnya atau sekitar 800 pejabat eselon IV dan III akan dilakukan penyetaraan, kecuali beberapa yang secara aturan dikecualikan. Untuk Eselon VI sebanyak 457 pejabat dialihkan dan 211 pejabat dikecualikan. Sementara untuk eselon III pihaknya belum melakukan pemetaan secara detail.

Namun, jika skenario tersebut ikut dengan yang dilakukan Pemprov Banten maka akan ada 70 persen sampai 80 persen pejabat struktural yang menjadi jabatan struktural.

“Sementara dan ini rencana, ini masih data dinamis. Belum ada kesepakatan di level pimpinan inginnya seperti apa. Ada penambahan atau pengurangan terkait yang dikecualikan tergantung arahan dari pimpinan. Tapi kami sudah siapkan skenario terburuk, semua eselon IV sebanyak 457 pejabat dan eselon III masih dilakukan pemetaan. Ini bisa juga dilakukan secara moderat atau bertahap,” paparnya. (uri)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp