Kota Cilegon
Trending

Satpam Kini Berseragam Cokelat dan Punya Pangkat

CILEGON, BANTEN RAYA – Petugas keamanan atau satpam kini memiliki seragam berbeda. Seperti tampak di DPRD Kota Cilegon, satpam yang biasanya memkai setelan putih dan biru tua kini memakai baju cokelat mirip dengan polisi.

Salah satu petugas keamanan DPRD Kota Cilegon Astriyana mengaku, sejak awal 2021 memang ada perubahan seragam petugas keamanan di DPRD Kota Cilegon.

“Dulu seragamnya putih biru, sekarang coklat-coklat,” kata perempuan yang biasa di sapa Astri ini bercerita kepada Banten Raya, Senin (22/2/2021).

Astri mengaku lebih percaya diri ketika mengenakan seragam tersebut. Menurutnya, seragam tersebut membuat penampilanya semakin keren.

“Ya jadi tambah pede (Percaya Diri). Kerjanya makin semangat, makin enjoy. Jadi mirip Polwan,” katanya tersenyum.

Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kota Cilegon Andri Yanti mengatakan, pergantian seragam petugas keamanan sesuai Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

“Hal ini tertuang dalam perkap tersebut. Jika semula warna seragam satpam petugas keamanan putih untuk dinas pagi hari dan biru tua untuk dinas malam hari, maka seluruhnya diubah dengan warna cokelat. Dalam perkap tersebut, disebutkan ada lima jenis pakaian dinas petugas keamanan yang diatur. Kelima jenis pakaian dinas satpam tersebut antara lain Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL),” urainya.

Andri menjelaskan, setiap jenis pakaian dinas itu dibedakan antara pria dan wanita baik yang menggunakan kerudung atau tidak berkerudung. Seragam PDH, PDL Sus, dan PDL Satu semuanya berwarna cokelat. Selain itu, Perkap tersebut juga mengatur topi seragam satpam untuk PDH yang mirip dengan polisi.

“PDH dipergunakan untuk tugas pagi sampai dengan sore. Petugas malam semuanya menggunakan PDL,” terangnya.

Selain warna seragam, kata Andri, kebijakan lain yang juga diterapkan adalah sistem pangkat bagi satpam. Di mana, terdapat tiga golongan pangkat bagi satpam, yaitu manajer, supervisor, dan pelaksana. “Kalau jumlah petugas keamanannya di DPRD Cilegon total ada 24 orang,” tutupnya. (gillang)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp