DaerahKota Cilegon
Trending

Sepekan Muskot IPSI Cilegon Rampung, Sejumlah Pendekar Bentuk PPSI

CILEGON, BANTEN RAYA – Sepekan usai perhelatan Musyawarah Kota (Muskot) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Cilegon, sejumlah pendekar dan padepokan membentuk Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI).

PPSI dibentuk sebagai langkah untuk mengakomodasi padepokan dan pendekar yang belum tergabung dalam IPSI.

Panitia silaturahmi dan sosialisasi PPSI Rahmatullah menjelaskan, pembentukan PPSI bukan perlawanan terhadap IPSI. Namun, lebih bagaimana membangun pelestarian pencak silat sebagai budaya dan tradisi.

“Tidak ada hubungannya dengan IPSI. Kami memang membentuk PPSI untuk melestarikan budaya persilatan dan membina padepokan-padepokan,” katanya kepada wartawan Rabu (17/2/2021) malam.

Rahmat menjelaskan, dengan adanya PPSI diharapkan semua padepokan yang belum bisa terbina dengan IPSI bisa terakomodasi PPSI. Sehingga pembinaan padepokan bisa lebih optimal.

“Semakin banyak pembinaan semakin baik. Namun, kami akan fokus pembinaan padepokan mengembangkan tradisi persilatan,” imbuhnya.

Hal sendana disampaikan, tokoh pencinta budaya persilatan Aldin, jika PPSI punya tugas berat ke depan untuk menjadikan pencak silat sebagai muatan lokal di sekolah dasar. Hal itu agar tradisi pencak silat tetap dilestarikan.

“Ke depan akan sinergis dengan pemerintah dan mendorong pencak silat jadi mulok di sekolah. Ini tugas yang akan diemban,” pungkasnya. (uri)

Baca juga

Muharman Koto Terpilih Jadi Ketua IPSI Cilegon Secara Aklamasi, IPSI Banten Nyatakan Sah

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp