Kota Cilegon
Trending

Sinergisitas Koperasi dan UMKM Diharap Tingkatkan Perekonomian

Helldy Buka Musda ke-V Dekopinda

CILEGON, BANTEN RAYA – Di masa perekonomian yang serba sulit akibat pandemi Covid-19, kehadiran koperasi diharapkan bisa meningkatkan laju perekonomian masyarakat.
Koperasi juga tidak bisa lepas dengan kehadiran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Kepala Dinas Koperasi dan UMK (Dinkop UMK) Kota Cilegon Tatang Muftadi mengatakan, koperasi menjadi mitra pemerintah, khususnya Dinkop UMK untuk meningkatkan kualitas pembangunan di Kota Cilegon. Koperasi dan UMK saling berkaitan.

“Di dalam koperasi harus ada UMKM dan di dalam UMKM harus ada koperasinya,” kata Tatang dalam sambutan di Acara Musda ke V Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Cilegon di salah satu hotel di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon, Sabtu (27/2). 

Tatang mengatakan, dalam meningkatkan kualitas koperasi, pihaknya juga telah mengimplementasikan amanat Perwal 40/2018 tentang Gerakan Koperasi Sehat. Pihaknya juga selalu melakukan penilaian koperasi sehat.

“Ada empat ketagori penilaian koperasi sehat, yaitu koperasi sehat, koperasi cukup sehat, koperasi dalam pengawasan dan koperasi dalam pengawasan khusus,” tuturnya. 

Tatang menambahkan, pihaknya memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Walikota Cilegon Helldy Agustian, Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta, Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Nurrotul Uyun yang telah hadir dalam acara Musda ke-V Dekopinda Cilegon.

Walikota Cilegon Helldy Agustian, dalam sambutannya turut memberikan dukungan kepada Pengurus Dekopinda dan Dinkop UMK untuk meningkatkan secara terus menerus pembangunan kualitas perkoperasian dalam pembangunan ekonomi masyarakat. Dengan sinergitas Dinkop UMK dan Dekopinda Cilegon diharap kesejahteraan para pelaku koperasi terus meningkat.

“Koperasi juga harus melayani anggota, bukan dilayani dalam menuju dan menyongsong Cilegon maju, moderen serta bermartabat. Semua aspek kehidupan harus diubah dari mindset lama ke mindset baru,” kata Helldy dalam sambutannya. 

Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Nurrotul Uyun mengapresiasi atas pelaksanaan Musda ke-V Dekopinda Cilegon. Ia berharap Dekopinda Cilegon terus mensinergikan penggiat koperasi dan UMKM Kota Cilegon serta mengajak semua semua Koperasi dan UMKM untuk bersama sama mengentaskan pengangguran di Kota Cilegon.
“Mudah-mudahan dengan sinergitas Koperasi dan UMKM bisa meningkatkan laju perekonomian,” harapnya. 

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Musda ke-V Dekopinda Cilegon, Didin S Maulana mengatakan, pelaksanaan Musda ke-V Dekopinda Cilegon berjalan lancar. Dari hasil voting, terpilihlah Ketua Dekopinda Kota Cilegon periode 2021-2025 yaitu Setyo Purnomo. 

“Setyo Purnomo mendapat dukungan 12 anggota, diikuti Suharno yang mendapat dukungan 11 anggota, dan Syaikhul yang mendapatkan dukungan 6 anggota. Total 29 anggota yang memberikan hak pilih,” paparnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp