DaerahKota Cilegon
Trending

Soal Lelang Proyek Kapal Tunda, PT PKLP Merasa Dirugikan PT KBS

CILEGON, BANTEN RAYA – PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) dituding telah melakukan pembatalan sepihak tentang kerja sama sewa kapal tunda tanpa memberikan pemberitahuan secara tertulis. Hal itu membuat PT Pelayaran Karya Lentari Perdana (PKLP) mengaku merasa dirugikan.  

Direktur Utama PT PKLP Zaenal Arifin Hasibuan menjelaskan, kendati belum diumumkan sebagai pemenang, tetapi berdasarkan harga potensi kapal pihaknya memang yang paling besar. PT KBS seharusnya melakukan diskualifikasi dari awal. Akan tetapi, pihak PT KBS malah meminta dokumen klas dan flag state, perbaikan fisik kapal, menaikkan kru lengkap dan menyampaikan tanggal rencana inspeksi. 

“Soal kapal yang dinyatakan tidak layak, harus jelas apa yang menjadi main requirement (persyaratan utama-red) dan apa yang menjadi must have requirement dalam dokumen tender dan disampaikan dalam pre bid. Tidak ada pernyataan bahwa kapal tidak memenuhi persyaratan, dan tidak ada pernyataan tertulis bahwa tender digagalkan,” paparnya melalui rilis yang diterima bantenraya.com, Jumat (14/5/2021).

Diakui Zaenal, pernah ada pemberitahuan secara tertulis terkait pembatalan tender. Hal itulah yang membuat pihaknya keberatan dan merasa dirugikan. Sebab, PT KBS meminta sebelumnya meminta kapal dari PT PKLp dipersiapkan dan menaikkan kru.

BACA JUGA: Anak Perusahaan BUMN di Cilegon Ini Diduga Batalkan Lelang Proyek Sepihak

“Tidak pernah ada kabar pembatalan lelang tender. Yang ada kami suruh menaikan awak kapal untuk inspeksi. Ini kami rugi karena harus membayar kontrak kru (awak kapal),” imbuhnya. 

Sebelumnya diberitakan, PT KBS melalui Senior Corporate Secretary & CSR-nya Aditya Ari Nugroho membantah, jika PT KBS membatalkan perjanjian kerja sama sewa kapal tunda milik PT PKLP secara sepihak tanpa alasan teknis yang jelas.  

Hal tersebut sebagai respons dari apa yang disampaikan Direktur Utama PT PKLP Zaenal Arifin Hasibuan kepada media pada Minggu (9/5/2021).

BACA JUGA: PT KBS Bantah PT PKLP Pemenang Tender Sewa Kapal Tunda

Aditya menjelaskan, sebenarnya tidak ada proses pembatalan keja sama karena antara PT KBS dan PT PKLP belum terikat kontrak kerja sama.

“Tidak ada yang menyatakan PT PKLP itu sebagai pemenang tender kerja sama sewa kapal tunda seperti apa yang disampaikan Direktur PKLP kepada media beberapa waktu lalu. Yang benar adalah status PT PKLP masih dalam tahap nominasi pemenang tender bukan sebagai pemenang yang sudah ditetapkan oleh pihak panitia lelang,” katanya kepada Banten Raya, Senin (10/5/2021). (uri) 

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp