Kota Cilegon
Trending

Sport Center Ciwandan Dibangun dengan APBD Nol Rupiah, Kok Bisa?

CILEGON, BANTEN RAYA- Warga Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, sebentar lagi bisa berolahraga di gelanggang olahraga terpadu atau Sport Center Ciwandan. Sport Center Ciwandan berlokasi di Lingkungan Pagebangan, Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon. Pembangunan sudah dimulai sejak Mei lalu. 

Proses pembangunan arena olahraga tingkat kecamatan tersebut, tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Cilegon atau Rp 0 dari APBD Kota Cilegon. Padahal, gelanggang olahraga tersebut akan memiliki banyak fasilitas olahraga di dalamnya. 

Dalam unggahan Instagram Walikota Cilegon Helldy Agustian pada Jumat (11/6/2021) pagi, orang nomor satu di Kota Cilegon tersebut meninjau ke lokasi pembangunan Sport Center Ciwandan didampingi Camat Ciwandan Agus Ariyadi. 

“Meninjau pembangunan Sport Center di Kecamatan Ciwandan Lingkungan Pagebangan Kelurahan Kubangsari. Pembangunan yang sepenuhnya didanai pihak industri yakni PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) itu berdiri di atas lahan 1,2 hektare dan akan dilengkapi dengan sarana bermain dan gedung serbaguna,” tulis akun Instagram @helldy.agustian. 

“Alhamdulillah saya menyambut baik dengan dibangunnya Sport center Ciwandan ini. Saya juga mengapresiasi kepada pihak industri yang sudah memberikan kontribusinya kepada masyarakat Ciwandan. Mudah-mudahan sport center ini menjadi contoh bagi kecamatan lain yang ada di Kota Cilegon. Saya juga mengapresiasi langkah pihak industri khususnya PT KBS yang sudah bersinergi dengan pemerintah dengan mempersembahkan sport center kepada masyarakat. Salam Cinta Cilegon. Cilegon Cerdas,” kata Helldy.

Dihubungi terpisah, Camat Ciwandan Agus Ariyadi mengatakan, sport center saat ini sedang dibangun lapangan sepakbola beserta tribun untuk penonton. “Pembangunan lapangan sepakbola dan tribun dibangun PT KBS,” kata Agus. 

Agus menerangkan, selain lapangan sepakbola, juga akan dibangun Ciwandan Learning Center (CLC) atau gedung serbaguna yang akan dibangun PT Krakatau Posco.

“Atas seizin Pal Walikota (Helldy Agustian-red), kami memohon industri untuk turut berpartisipasi terhadap penyiapan infrastruktur olahraga bagi masyarakat,” terangnya. 

Menurut Agus, pembangunan Sport Center Ciwandan sama sekali tidak menggunakan APBD Kota Cilegon. Pemkot Cilegon hanya menyiapkan lahannya, yang merupakan aset Pemkot Cilegon di Kecamatan Ciwandan seluas 1,2 hektare.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

“Kalau untuk sampai selesai mungkin puluhan miliar. Kalau lapangan sepakbola sendiri yang dibangun PT KBS, ditarget selesai sebulan atau dua bulan lagi,” tuturnya. 

Di gedung serbaguna yang ke depan akan dibangun, kata Agus, akan tersedia lapangan voli indoor, lapangan bulutangkis, lapangan basket, serta dilengkapi taman bermain anak dan gedung untuk Asam PSSI Ciwandan.

“Sementara yang sudah siap membantu PT KBS dan PT Krakatau Posco. Kami juga akan meminta bantuan ke FIKS (Forum Industri Kepuh dan Gunung Sugih) yang didalamnya banyak industri besar,” ucapnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp