DaerahKota CilegonPandeglang
Trending

Teladani Sosok Ulama, Sanuji Napak Tilas Perjuangan Syekh Asnawi di Caringin

CILEGON, BANTEN RAYA- Mengisi kegiatan hari libur tanggal merah Hari Raya Waisak 2021, Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta melakukan ziarah atau napak tilas ke Makam Syekh Asnawi di Caringin, Kabupaten Pandeglang, Rabu (26/5/2021). 

Terlihat kunjungan Sanuji ke Caringin di temani Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pandeglang Tb Asep Rafiudin. Kemudian, anggota DPRD Provinsi Banten dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurul Wasiah serta sejumlah pengurus DPD PKS Kabupaten Pandeglang. 

“Kita sedang napak tilas perjuangan Syekh Asnawi. Menggali lebih dalam tentang sosok beliau langsung dari keturunannya langsung, Kyai Haji Luthfi yang merupakan cicit dari Syekh Asnawi,” ujar Sanuji melalui keterangan tertulis yang diterima bantenraya.com, Rabu (26/5/2021).

Menurut Sanuji, sosok Syekh Asnawi adalah pribadi panutan yang sudah membuatnya kagum.

“Kita kagum dengan sosoknya (Syekh Asnawi -red), beliau yang sudah hafal Alquran, hafal hadis dan berbagai macam kitab di usia yang masih sangat belia sekitar 9 tahun. Ini yang patut kita teladani. Keberkahan ilmunya masih bisa kita rasakan dan kita saksikan sampai saat ini. Makam serta masjid yang di dirikannya selalu ramai di kunjungi peziarah dari seluruh pelosok nusantara” Lanjut Sanuji.

Sanuji menambahkan, meski berasal dari Caringin Pandeglang, sosok Syekh Asnawi masih ada kaitannya dengan tokoh-tokoh perjuangan di Kota Cilegon. 

“Salah satu tokoh ulama Cilegon yaitu KH Abdul Latif pendiri Pesantren Al Jauharotun Naqiyyah di Cibeber, adalah murid dari Syekh Asnawi. Jadi secara histori Syekh Asnawi masih berkaitan erat dengan jejak sejarah perjuangan di Kota Cilegon,” tutup Sanuji.

BACA JUGA: Helldy-Sanuji Ngomel-ngomel di RSUD Cilegon, Ada Apa?

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang Tb Asep Rafiudin mengatakan bahwa setelah ziarah ke makam Syekh Asnawi Wakil Walikota Cilegon juga mengunjungi sejumlah tokoh ulama di Kabupaten Pandeglang.

“Kebetulan di saat bersamaan PKS Pandeglang sedang ada agenda silaturahmi kebangsaan dengan sejumlah tokoh, jadi kita sekalian ajak Pak Wakil (Sanuji-red) untuk ikut agenda kita untuk bertemu sejumlah tokoh,” ucap Asep. (gillang)

Related Articles

Back to top button