Kota Cilegon
Trending

Terkendala Anggaran BBM, Mobil Sweeper Seharga Rp3,9 Miliar Belum Bisa Difungsikan

CILEGON, BANTEN RAYA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon mengklaim jika mobil street sweeper atau penyapu jalan seharga Rp3.996.000.000 masih berfungsi secara baik. Adapun tak difungsikannya alat tersebut selama Maret dikarenakan terkendala biaya operasional akibat penyesuaian sistem informasi pemerintah daerah (SIPD).

Kepala Bidang Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) pada DLH Kota Cilegon Mochammad Teddy Soeganda mengatakan, jika mobil tersebut masih berfungsi secara baik dan dilakukan perawatan secara rutin. Hanya selama Maret kemarin tidak difungsikan.

Penyebabnya, anggaran untuk bahan bakar minyak (BBM) belum ada bisa dicairkan karena terkendala SIPD. Namun, untuk April ini mobil tersebut akan difungsikan kembali.

“Itu masih berfungsi dan dilakukan perawatan. Hanya sekarang BBM baru keluar (April) karena terkendala SIPD. Setiap sebanyak 3 kali dalam satu pekan itu jalan dan difungsikan,” katanya yang enggan merinci biaya perawatan untuk mobil tersebut, Kamis (1/4/2021).

Teddy menyatakan, saat ini mobil sweeper disimpan di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Kelurahan Bagendung, Kecamatan Cilegon karena faktor keamanan.

“Itu disimpan bersama dengan alat berat lainnya bukan rongsokan. Soalnya pernah satu bulan di DLH itu tidak ada petugas keamanan. Kurang lebih sudah satu tahun,” imbuhnya. (uri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp