DaerahKota Cilegon
Trending

Tiang Listrik Kebakaran, Jalan Cilegon-Bojonegara Lumpuh

CILEGON, BANTEN RAYA- Sebuah tiang listrik di Jalan Raya Bojonegara kilometer 1, Lingkungan Seruni, Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon terbakar, Senin (5/4/2021) petang. Kebakaran diduga terjadi akibat arus pendek. Akibatnya, kabel dari tiang melintang di Jalan Cilegon-Bojonegara sehingga membuat kemacetan panjang.

Informasi yang diperoleh Banten Raya, kebakaran tiang listrik terjadi sekitar pukul 18.30 WIB. Kebakaran itu membuat kabel yang ada di tiang listrik tersebut menjuntai ke Jalan Raya Bojonegara. 

Tiang listrik yang terbakar berhasil dipadamkan oleh petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon sekitar pukul 18.45 WIB. 

Setelah api berhasil dipadamkan, listrik di sekitar lokasi padam. Arus lalu lintas terhenti total lantaran terhalang kabel yang menjuntai di  jalan dengan ketinggian sekitar satu meter.

Pantauan di lokasi, ratusan kendaraan terjebak macet. Arus lalu lintas dari Tol Cilegon Timur menuju Bojonegara dan sebaliknya macet total. Kemacetan mengular hingga tiga kilometer itu didominasi kendaraan berat seperti truk dan trailer. Jalan Bojonegera di sekitar Lingkungan Seruni hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. 

Pemilik Toko di Lingkungan Seruni, Leli mengatakan, kebakaran tiang listrik terjadi cukup besar. Api melalap beberapa kabel di tiang. “Ada suara ledakannya juga. Derr.. derr,” kata Leli. 

Setelah itu, warga melapor ke DPKP Kota Cilegon. Sekitar 5 menit kemudian, petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi dan memadamkan api yang membakar tiang listrik dan kabel. 

“Listriknya langsung padam semua, ada kabel yang turun (menjuntai-red), jadi tidak bisa dilalui kendaraan,” kata Leli.

Komandan Regu (Danru) C pada DPKP Tb Najmudin mengatakan, kebakaran tiang listrik terkadi akibat korsleting atau arus pendek. Sekitar 10 menit setelah tiba di lokasi, pihaknya berhasil memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR). 

“Api sudah padam, tapi karena ada kabel yang menjuntai jadi jalan tidak bisa dilewati, jalan macet. Kami koordinasi dengan PLN Cilegon untuk membetulkan kabelnya, dan kami juga koordinasi dengan Satlantas Polres Cilegon untuk pengaturan arus lalu lintas,” terangnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp