DaerahKota Cilegon
Trending

Wacana Pengalihan Aset JLS, Pemkot Cilegon Berpotensi Kehilangan Aset Bernilai Rp10 T

CILEGON, BANTEN RAYA- Pemkot Cilegon mewacanakan untuk melepas aset Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. Adapun nilai aset jalan tersebut diperkirakan memiliki nilai Rp10 triliun.

Informasi yang dihimpun Bantem Raya, rencana pelimpahan aset tersebut telah dibahas oleh Pemkot Cilegon melalui Rapat Koordinasi Kajian Penyerahan Aset JLS Cilegon ke Pemprov Banten, di Ruang Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Pemkot Cilegon, Rabu (24/3/2021). 

Rapat tersebut juga dihadiri Kepala Bagian Ekbang Setda Pemkot Cilegon Sabri Mahyudin, Staf Ahli Wali Kota Cilegon Syafrudin, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). Kemudiam perwakilan dari Inspektorat, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), serta organisasi perangkat daerah (OPD) lain. 

Staf Ahli Walikota Cilegon Syafrudin mengatakan, wacana tersebut menindaklanjuti usulan anggota DPRD Pemprov Banten Dede Rohana, saat menggelar reses di Pemkot Cilegon beberapa waktu lalu. Walikota Cilegon Helldy Agustian juga telah meminta OPD agar usulan tersebut dikaji. “Dasarnya adalah hasil reses DPRD Pemprov Banten, Pak Dede Rohana,” katanya, Rabu (24/3/2021).

Mantan Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Cilegon itu, enggan memberikan informasi lebih lanjut. Ia mengatakan jika kajian tersebut pada dasarnya dilakukan oleh Bagian Ekbang Setda Pemkot Cilegon. “Coba tanya ke Ekbang,” katanya singkat.

Sementara itu, Kepala Bagian Ekbang Setda Cilegon Sabri Mahyudin membenarkan, telah membahas rencana pengalihan aset JLS Cilegon. Saat ini, pihaknya diminta untuk mengkaji plus minus dari penyerahan aset JLS.

“Plus minusnya akan kami kaji dulu. Seperti apa nanti kalau JLS diserahkan ke pemprov, baik dari sisi perizinan reklame, pemasangan utiliti, dan lain-lain,” katanya.

Lebih lanjut Sabri menuturkan, nilai aset terakhir JLS Cilegon yang tercatat pada BPKAD Kota Cilegon sekitar Rp500 miliar. Namun Ia menaksir jika nilai aset JLS setelah di appraisal bisa mencapai hingga 20 kali lipat. Artinya, jika nilai aset JLS Cilegon sebesar kurang lebih Rp500 miliar, maka 20 kali lipatnya bisa mencapai Rp10 triliun. 

“Nilai aset JLS kurang lebih Rp 500 triliun. Kalau diappraisal bisa sampai 20 kali lipatnya,” ucapnya. 

Pada rapat tersebut, lanjut Sabri, berisikan masukan-masukan dari OPD terkait. Hasil dari kajian tersebut, akan disampaikan kepada walikota dalam waktu dekat. 

“Tadi selesai rapat, saya minta masukan secara tertulis. Jika itu sudah kami terima, maka kami akan kaji dan hasilnya diserahkan kepada Pak Wali,” katanya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp