DaerahKota Cilegon
Trending

Waras Farm Kota Cilegon, Makan Enak Sambil Menikmati Pemandangan Menawan

Oleh : M Tohir (1-2)

CILEGON, BANTEM RAYA – Tak banyak tempat wisata yang selain menyuguhkan pemandangan menawan namun juga menyediakan makanan yang enak. Di antara yang sedikit itu Waras Farm masuk dalam daftar. 

Waras Farm berada di Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten. Tempat makan yang dilengkapi dengan aneka fasilitas ini merupakan tempat wisata paket lengkap. 

Sebab, selain memiliki perkebunan, Waras Farm juga memiliki taman reptil tempat sejumlah binatang hidup dan dipelihara dengan baik, dan tempat makan yang nyaman dengan makanan Jawa Timuran yang nikmat. 

Waras Farm berada di daerah perbukitan. Dari tempat makan pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan alam berupa bebukitan di kejauhan yang disebut oleh warga sebagai gunung kembar. Karena berada di daerah pebukitan, hawa di sini terasa lebih sejuk tidak seperti umumnya wilayah Cilegon yang cenderung panas. 

Waras farm
Salah satu spot bagi pengunjung untuk menikmati makanan yang ditawarkan Waras Farm.

Di Waras Farm banyak tanaman yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Adapun jenis tanaman yang ditanam di sini di antaranya adalah mangga, rambutan, jambu, pete, klengkeng, buah naga, jeruk, sampai kurma. 

Ada juga tanaman bunga aneka warna dan jenis. Bila dihitung jumlahnya diperkirakan mencapai ribuan batang. Tanaman itu sudah mulai ditanami sejak tahun 2005 lalu. 

Waras Farm dikelola oleh Rasmidi yang merupakan alumni Brawijaya dan memiliki pengalaman di bidang perkebunan dan pertanian selama lebih 20 tahun. 

Bagi pengunjung Waras Farm yang ingin berwisata ke Anyer dan Carita bisa menuju ke sana dengan lama perjalanan hanya sekitar 45 menit lewat jalur alternatif Jalan Raya Mancak yang indah pemandanganya. Dari Waras Farm pengunjung bisa ke Anyer dengan melewati jalan pegunungan yang memberikan pemandangan sungguh menakjubkan di sisi kiri dan kanan sepanjang perjalanan sampai menembus alun-alun Anyer tanpa menjumpai kemacetan panjang dan rusaknya jalan yang menuju ke Anyer. 

Adapun menu yang disediakan di sini di antaranya adalah sego pecel, sego bebek, rawon, soto, sampai tempe mendoan. Adapun minumannya seperti es tes manis, es jeruk, dan lainnya. Bahkan ada juga minuman jamu dengan menggunakan bahan alami. 

Waras farm
Di area Waras Farm juga tersedia gazebo untuk bersantai.

Sejumlah minuman bahannya bahkan diambil dari kebun sendiri, misalkan minuman jeruk. 

Untuk bisa ke lokasi, pengunjung bisa mengambil jalur Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon menuju ke arah Ciwandan-Anyer. Bagi yang di luar Kota Cilegon, paling mudah mengambil tol Tangerang-Merak lalu keluar di pintu tol Cilegon Timur. Dari pintu tol pengunjung tinggal lurus masuk ke JLS Cilegon. 

Setelah melintasi SPBU JLS Cilegon dan perempatan akan ada jembatan kecil. Setelahnya ada perempatan kecil ke arah kirilah pengunjungengarahkan kendaraan. Meski jalan yang akan dilintasi berliku dan menanjak namun jangan khawatir karena jalan menuju lokasi dibeton dan mulus sehingga memudahkan pengendara kendaraan melintasinya. (*)

Baca juga

Jalur Menuju Curug Cibatu Ngeunah, Perjalanan Asyik untuk Jiwa Petualang

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp