DaerahKota Cilegon
Trending

Wartawan Dilarang Liput Kegiatan Walikota Cilegon di Lapas, Ada Apa?

CILEGON, BANTEN RAYA – Sejumlah wartawan dilarang melakukan peliputan acara Festival Ramadan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon. Penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 menjadi alasan para pewarta yang diizinkan masuk ke Masjid Muhajirin di kompleks Lapas Kelas II A Cilegon tempat acara digelar, Jumat (30/4/2021).  

Pantauan Banten Raya, Walikota Cilegon Helldy Agustian dan rombongan diperkenan masuk ke area Lapas. Bahkan mereka tak diminta menyertakan hasil tes negatif Covid-19 atau sudah vaksin. 

Salah seorang wartawan media daring yang tidak diizinkan masuk Suhaemi mengaku, kecewa dengan adanya tidak diperkenankannya ia meliput kegiatan di Lapas Kelas IIA Cilegon dengan alasan prokes. Hal itu seakan-akan menuduh wartawan yang membawa Covid-19. Padahal rombongan Walikota Cilegon tetap diizinkan bisa masuk tanpa menyertakan surat keterangan bebas virus korona atau telah divaksin.

“Seolah-olah petugas itu menuduh wartawan yang membawa virus Covid-19. Tapi kenapa kok itu walikota dan rombongannya bisa masuk,” terang Emi panggilan akrab Suhaemi.

Hal senada disampaikan wartawan lainnya Supriyadi, lagi-lagi terjadi penghalangan terhadap kerja tugas wartawan di Kota Cilegon. Dirinya menyadari saat ini kondisinya sedang terjadi pandemi Covid-19. Namun, hal itu bukan berarti merampas ruang gerak kebebasan pers.

“Tentunya dengan mematuhi dan menerapkan prokes harusnya bisa difasilitasi saat peliputan oleh Lapas, sehingga tidak ada kesan penolakan dan batasan,” paparnya.

Baca juga

Diduga Tertular dari Sipir, 13 Warga Binaan Lapas Cilegon Positif Covid-19

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Cilegon Erry Taruna menjelaskan, jika masalah peliputan sudah ditangani oleh bagian humas. Bahkan, sebagian wartawan juga diperkenankan meliput kegiatan tersebut.

“Masalah jurnalistik ada di bagian humas kami, dan nyatanya tadi ada juga kok wartawan yang meliput kegiatan yang dimaksud,” ungkapnya.

Meski demikian, Erry tidak menjawab saat ditanya terkait hasil tes negatif atau bebas Covid-19 yang disyaratkan untuk Walikota Cilegon Helldy Agustian dan rombongannya sebelum masuk. (uri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp