Kota Serang
Trending

170 Perumahan Belum Serahkan PSU

SERANG, BANTEN RAYA- Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Serang mencatat masih banyak perumahan di Kota Serang yang belum menyerahkan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Serang. Data yang dimiliki dinas, dari 220 perumahan yang ada di Kota Serang, baru 50 di antaranya yang menyerahkan PSU ke Pemkot Serang. Sisanya sebanyak 170 perumahan belum menyerahkan PSU atau biasa disebut dengan fasos fasum (fasilitas sosial dan fasilitas umum).

Kepala Bidang Perumahan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Serang Dadan Priyatna mengatakan, masih banyaknya perumahan yang tidak menyerahkan PSU kepada Pemkot Serang mayoritas disebabkan karena perumahan-perumahan tersebut telah ditinggalkan oleh pengembangnya. Sementara penyerahan harus dilakukan oleh pengembang perumahan tersebut karena ada dokumen-dokumen terkait persyaratan penyerahan PSU yang harus diserahkan salah satunya site plan. “Memang masih banyak yang belum menyerahkan,” kata Dadan, Kamis (18/3).

Bila PSU belum diserahkan oleh pengembang kepada Pemkot Serang, maka Pemkot Serang belum bisa melakukan perawatan terhadap PSU tersebut karena belum menjadi aset milik daerah. Sehingga ketika ada jalan yang rusak di perumahan, misalkan, Pemkot Serang tidak bisa memperbaikinya.

Menurut Dadan, idealnya PSU diserahkan setelah mendapatkan perawatan selama satu tahun setelah dibangun oleh pengembang perumahan. Sayangnya banyak perumahan yang abai akan aturan ini. Padahal, penyerahan PSU dari pengembang perumahan ke pemerintah daerah merupakan amanat Undang-undang perumahan dan permukiman dan Perda Kota Serang tentang penyerahan PSU.

“Sayangnya tidak ada sanksi bagi pengembang yang tidak menyerahkan PSU ke pemda. Makanya banyak pengembang yang tidak patuh,” katanya.

Untuk perumahan yang sudah ditinggalkan oleh pengembangnya, PSU bisa diserahkan oleh warga bersama tokoh masyarakat di perumahan tersebut dengan membuat surat pernyataan penyerahan PSU kepada Pemkot Serang. Hal ini dilakukan oleh beberapa warga di perumahan di Kota Serang. Salah satunya adalah warga Lebak Indah, Kelurahan Terondol, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Serang Iwan Sunardi mengatakan, dinasnya menargetkan pada tahun 2021 akan ada 10 perumahan yang menyerahkan PSU kepada Pemkot Serang. Sehingga tahun ini akan ada 60 perumahan yang menyerahkan PSU kepada Pemkot Serang. (tohir/rahmat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp