DaerahKota Serang
Trending

3 Tahun Dibiarkan Kosong, Kios KPW Banten Lama Kini Siap Ditempati dan Gratis Selama 6 Bulan

SERANG, BANTEN RAYA – Sekitar 500 kios kawasan penunjang wisata (KPW) Pasar Wisata Banten Lama, Lingkungan Kebalen, Kelurahan Kasunyantan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang siap difungsikan. 

Kepastian tersebut didapat setelah Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Dinkopperindag) Kota Serang bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), Satpol PP, tokoh masyarakat dan para pedagang kaki lima (PKL) melakukan kerja bakti bersih-bersih di kios KPW, Jumat (7/5/2021).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkopperindag Kota Serang Um Rochmat Hidayat mengatakan, kerja bakti digelar dalam rangka penataan dan penertiban PKL yang masih berjualan di luar kios KPW.

“Hari ini kami kerja bakti bersih-bersih kios KPW. Mereka (pedagang-red) nantinya kita kembalikan ke dalam kios KPW, supaya lebih tertata dan tertib. Karena sudah sekitar 2 sampai 3 tahun kios-kios itu dibangun tapi tidak ditempati pedagang,” ujar Rochmat, ditemui di lokasi usai kerja bakti.

Ia mengklaim, untuk kesiapan pemanfaatan kios secara keseluruhan sudah siap. Mulai dari aliran listrik, sarana air bersih, fasilitas toilet hingga musala.

“Untuk kesiapan sudah siap, rolling door sudah siap, walaupun memang ada beberapa yang rusak. Sekarang kita tata saja supaya bisa masuk semuanya. Kemudian yang rusak nanti diperbaiki oleh si pemilik kios,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, beberapa plafon kios banyak yang jebol. Bahkan dari ratusan kios itu, terlihat ada dua kepala keluarga yang tinggal di dalam kios. 

“Kalau warga yang mengisi sementara ini kita berikan waktu 1-2 hari atau 2×24 jam untuk meninggalkan kios dan selanjutnya akan diisi pedagang,” ucap Rochmat.

Ia menegaskan, para pedagang yang menempati kios KPW sementara ini tidak dikenakan biaya sewa kios. 

“Gratis selama enam bulan. Setelah enam bulan kita tarik retribusi kios, dan kebersihan, kalau listrik kan biaya masing-masing karena token listrik pra bayar,” terang Rochmat.

Ia berharap, dengan menempatkan para PKL di dalam kios, kawasan penunjang wisata akan lebih tertata dan tertib. Sehingga kendaraan pengunjung wisata religi Banten Lama masuk ke dalam terminal KPW.

“Kemudian para pengunjung wisata religi Banten Lama yang datang kesini pun merasa nyaman, karena sudah kita siapkan jalur menuju Banten Lama,” tandas dia. 

Masih di lokasi sama, tokoh masyarakat Lingkungan Kebalen, Abdul Munib, mengaku pihaknya gembira dengan difungsikannya kios KPW. Sebab menurutnya, hal itu dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat sekitar Kebalen.

“Saya sangat senang sekali. Dibuka ini justru saya seneng. Minimal masyarakat bisa menempati kios dan mudah-mudahan mengurangi angka pengangguran dengan pengisian kios-kios ini,” kata Munib. (harir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp