DaerahKota Serang

Akhir Tahun, Pemkot Serang Borong Penghargaan

SERANG, BANTEN RAYA – Akhir Tahun 2020, Pemkot Serang memborong penghargaan mulai dari tingkat kota hingga tingkat nasional. Alhasil, Walikota Serang Syafrudin mendapat banyak piagam penghargaan.

Prestasi pertama yang diraih yaitu penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Banten sebagai Badan Publik dan Informatif. Pemberian penghargaan ini karena Kota Serang mengimplementasikan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Jadi Alhamdulillah Pemkot Serang, dari 8 kabupaten/kota itu masuk dalam kategori 5 kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan tentang keterbukaan informasi publik secara baik. Ini pertama kali, tahun ini dapat, tahun kemaren enggak dapat. Ini menandakan dukungan dari kepala daerah, dari OPD. Semuanya Alhamdulillah sudah menjadi lebih baik dari tahun-tahun kemarin,” ujar Syafrudin saat ditemui di ruang kerjanya, di Setda lantai 2 Puspemkot Serang, Kota Serang, Selasa (15/12/2020).

Selain itu, Pemkot Serang juga mendapatkan penghargaan sebagai kota peduli hak asasi manusia (HAM) tahun 2019 dan Walikota Serang mendapat penghargaan juga sebagai mitra kerja kemitraan Kementerian Hukum dan HAM 2020 dari Menteri Hukum dan HAM.

“Jadi dua sekaligus kemarin itu, ada kabupaten/kota yang mendapatkan satu kemudian ada yang dua. Ya, kami mendapatkan dua penghargaan ini, jadi penghargaan sebagai kota peduli hak asasi kemudian penghargaan mitra kerja kementerian hukum dan HAM tahun 2020. Jadi ini sebagai mitra Pemkot Serang dengan Kemenkum HAM, jadi dua sekaligus kemarin itu,” ucap dia.

Penghargaan yang ketiga, Syafrudin menjelaskan bahwa KPU Kota Serang mendapatkan penghargaan juara 1 tingkat nasional terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan 2020. Alhasil, capaian itu menjadi contoh untuk seluruh daerah di seluruh Indonesia. 

Prestasi itu tak lepas dari peran serta pemkot atau kepala daerah menentukan nilai yang sangat luar biasa, karena di maklumat kepala daerah memberikan arahan, kemudian di proses-proses pemuktahiran data itu juga ikut campur, kemudian video-video imbauan juga Pemkot Serang ikut memberikan motivasi, baik kepada masyarakat maupun kepada KPU.

Lantaran meraih prestasi, KPU memberikan penghargaan kepada Pemkot Serang atas kerja sama dan bantuannya dalam pengelolaan data kependudukan dalam rangka pemutakhiran data. 

“Jadi KPU tadi memberikan penghargaan kepada kami dalam rangka pemutakhiran data ini. Pemkot Serang, kepala daerah, semua turun untuk memberikan motivasi baik kepada masyarakat maupun kepada KPU, sehingga KPU merasa terbantu karena dengan bantuan Pemkot Serang, alhamdulillah di tahun 2020 mendapatkan juara 1 nasional untuk pemutakhiran data pemilu,” tandasnya. (harir)

 

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp