DaerahKota SerangPendidikanSerang
Trending

Aksi Unsera Bergerak Selamatkan Bangsa Bersama ACT

SERANG, BANTEN RAYA – Awal tahun 2021 banyak terjadi peristiwa becana alam, seperti Gempa Bumi di Sulawesi, Banjir di Kalimantan Selatan, Erupsi Gunung Semeru, Longsor di Sumedang serta pandemi Covid-19 yang tidak kunjung hilang. 

Hal tersebut menjadi alasan Universitas Serang Raya (Unsera) berkolaborasi dengan Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Banten, bergerak melakukan kegiatan bakti sosial. Baik melakukan penggalangan dana, search and rescue (SAR), aksi bantuan medis hingga memberikan bantuan pangan untuk meringankan beban para korban bencana alam.

Head of Marketing ACT Banten Raisa kepada Banten Raya menyampaikan, rencananya ACT Banten akan menyalurkan bantuan berupa seribu ton logistik ke Sulawesi Barat pada Rabu (27/1/2021). 

“Hari ini (kemarin-red) kami memberangkatkan kapal kemanusiaan dengan seribu ton logistik ke Sulawesi Barar, kemudian seminggu kemudian ke Kalimantan Selatan. Kita sedang persiapkan semuanya,” ucap Raisa.

Ia menjelaskan, program kemanusia dengan nama Kapal Kemanusiaan Sulawesi Barat ini adalah program kemanusiaan yang hadir untuk merespons dan membantu masyarakat terdampak bencana Gempa Sulawesi Barat dengan menggunakan kapal logistik yang membawa bantuan berupa beras, paket pangan dan kebutuhan logistik lainnya.

Program tersebut bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat terdampak gempa di Majene, Sulawesi Barat dan sekitarnya, menggerakkan kepedulian publik dan menunjukkan simpati masyarakat Indonesia atasterjadinya bencana gempa di Sulawesi Barat dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menjadi bagian dari program ini dengan ikhlas dan sukarela.

“Jenis bantuan yaitu beras putih dengan kualitas bulir medium atau sedang Varietas IR-64 dan Bantuan paketlogistik lainnya yang diperlukan olehmasyarakatterdampak bencana,” ujarnya.

Raisa menambahkan, bencana gempa bumi yang menimpa Majene dan Mamuju menyebabkan puluhan ribu warga terpaksa menjalani hari-hari di tenda pengungsian. Saat ini mereka sangat membutuhkan uluran tangan agar bisa terus bertahan di tengah keterbatasan.

Sementara itu, Liza Diniarizky, Kepala Bagian Humas Unsera menyampaikan bahwa Unsera telah menggalang dana melalui rekening virtual account. Hasil donasi yang masuk sepenuhkan akan disumbangkan untuk para korban bencana.

“Unsera sangat mendukung kegiatan kerjasama kemanusiaan seperti ini, mudah-mudahan sedikit banyaknya dapat meringankan beban saudara kita yang sedang ditimpa kemalangan,” ucap Liza. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp