Kota Serang

Amblas, Warga Kosambi Bongkar Gorong-Gorong Jalan Ranca

SERANG, BANTEN RAYA – Warga Lingkungan Kosambi RT RW 01-02/05, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, membongkar gorong-gorong di ruas Jalan Ranca Utama Minggu (13/12) pagi. Hal itu dilakukan karena gorong-gorongnya amblas, sehingga saat hujan turun, air dari dalam drainase meluap ke permukaan jalan.

Untuk sementara ruas Jalan Ranca Utama ditutup dialihkan ke ruas Jalan Sawah.

Lurah Drangong Slamet Santosa mengatakan, pihaknya terpaksa membongkar gorong-gorong karena amblas, sehingga ketika hujan turun, air dalam drainase meluap ke permukaan jalan.

“Ini spontanitas dilakukan warga, karena sudah banjir dulu. Gorong-gorongnya amblas jadi nyumbat. Bahkan banjirnya mencapai 20-30 centimeter, dan masuk ke rumah warga,” kata Santosa, ditemui di lokasi.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, berpotensi mengakibatkan kecelakaan bagi pengendara yang melintas.

“Kalau pengendarannya yang bawanya ngebut bisa jatuh, karena gak tau kalau gorong-gorongnya amblas,” ungkap dia.

Untuk mengantisipasi persoalan tersebut, pihaknya langsung bergerak cepat. Pihaknya melakukan swadaya membangun gorong-gorong bersama warganya mulai pikiran, tenaga dan uang. Hal itu dilakukan agar saluran air kembali lancar.

“Sebenarnya gorong-gorong jembatan ini tanggung jawab DPUPR, tapi masyarakat pengen cepat, karena kalau mengajukan ke dinas lambat,” jelasnya.

Ia menyebutkan, jumlah anggaran hasil swadaya masyarakat terhimpun mencapai Rp 17 juta untuk dua titik lokasi jembatan di ruas Jalan Ranca Utama.

“Kalau gorong-gorong jembatan yang besar ini Rp 10 juta. Saya nyumbang Rp 1 juta. Kalau gorong-gorong yang satu lagi Rp 7 juta,” terangnya. (harir)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d bloggers like this: