DaerahKota Serang
Trending

Anda Transgender? Disdukcapil Kota Serang Siap Melayani Pembuatan KTP

SERANG, BANTEN RAYA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapul) Kota Serang siap melayani pembuatan KTP elektronik maupun dokumen kependudukan lainnya bagi para transgender yang ada di Kota Serang. Meski demikian, ditegaskan bahwa pada kolom jenis kelamin hanya ada dua yaitu laki-laki dan perempuan.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Serang Enung Subarningsih mengatakan, pelayanan pembuatan dokumen kependudukan bagi transgender sesungguhnya merupakan pelayanan standar bagi seluruh masyarakat yang berstatus sebagai warga Negara Indonesia (WNI).

Pelayanan itu tidak membedakan latar belakang, orientasi seksual, dan hal-hal lainnya di luar persoalan kependudukan. Karena itu, pihaknya menerima siapa pun WNI yang ingin membuat dokumen kependudukan, termasuk kaum transgender.

“Kami menerima pelayanan bagi siapa pun, termasuk transgender,” kata Enung, Senin (26/4/2021).

Terkait jenis kelamin, kata Enung, hanya akan ada dua pilihan, yaitu perempuan dan laki-laki. Pada transgender, meskipun secara penampilan dan sikap mengalami perubahan, namun pada jenis kelamin tetap harus mengacu pada jenis kelamin ketika ia lahir yang dibuktikan dengan akta kelahiran maupun ijazah sekolah.

Bila jenis kelamin yang sekarang berubah dari jenis kelamin ketika lahir, maka harus ada penetapan pengadilan di tingkat kabupaten/ kota terlebih dahulu. Baru kemudian bisa mengubah jenis kelamin di dokumen kependudukan sesuai dengan penetapan pengadilan.

“Jangankan mengubah jenis kelamin, mengubah satu kata pada nama saja harus dibuktikan dengan putusan pengadilan terlebih dahulu,” katanya.

Ditanya soal data berapa jumlah transgender di Kota Serang, Enung mengaku tidak memiliki data tersebut. Sebab pelayanan terhadap masyarakat untuk mendapatkan dokumen kependudukan tidak mengelompokkan masyarakat pada kelompok-kelompok, seperti transgender. 

Akan tetapi, selama ia bertugas di Disdukcapil Kota Serang sejak Februari lalu, ia belum pernah menemukan ada transgender yang mengurus masalah dokumen kependudukan di tempat di mana ia bertugas.

Baca juga

Catat Nih, Buat KTP dan KK di Pandeglang Bisa Lewat Online

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang Dinar Tricahyani mengatakan, sesuai dengan arahan Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, tidak ada jenis kelamin ketiga yang diakui pemerintah. Penjelasan itu perlu disampaikan karena banyak masyarakat yang belum paham megenai isu ini.

“Dikiranya dukcapil mengakui jenis kelamin transgender. Kita tetap sesuai sistem hukum adminduk. Hanya ada dua jenis kelamin, yaitu laki-laki dan perempuan,” kata Dinar menirukan instruksi Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp