DaerahKota Serang
Trending

Banjir Juga Terjang Kompleks Untirta, Puluhan Rumah Warga Terendam

SERANG, BANTEN RAYA – Kompleks Untirta, Kelurahan Banjar Agung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, diterjang banjir Rabu (3/2/2021) pagi. Banjir diakibatkan Kali Untirta yang berada di kawasan perumahan tersebut meluap setelah diguyur hujan sejak, Selasa (2/2/2021) malam. Akibatnya, sekitar 35 rumah warga terendam. 

Ketua RW 07 Kompleks Untirta Wawan Prahiawan mengatakan, banjir terjadi sejak pukul 04.00 WIB dini hari. Sekitar pukul 06.00 WIB air sudah melimpah sehingga tidak tertampung oleh pintu air, akhirnya air meluap ke permukiman warga. 

“Ya ada sekitar 35 rumah di tiga RT yang terendam banjir RT 01, 02, dan 03. Airnya sudah masuk ke dalam rumah. Ketinggian airnya sekitar 20 cm. RT 01 itu yang parah ketinggiannya mencapai 50 cm atau sedengkul orang dewasa,” kata Wawan, kepada Banten Raya, ditemui di lokasi.

Ia menjelaskan, banjir terjadi disebabkan Kali Untirta meluap setelah diguyur hujan sejak semalam. 

“Sebetulnya ini banjir kiriman dari KSB, Citra Gading, dan Sempu karena Kali Untirta meluap,” ucap dia.

Selain itu, Wawan mengungkapkan, banjir yang menerjang perumahannya hampir terjadi tiap musim hujan. Penyebab lainnya karena terjadinya penyempitan dan pendangkalan di Kali Untirta, tepatnya di titik Terminal Pakupatan yang lebarnya hanya 1,5 meter.

“Jembatan antara rumah makan dan agen gas itu sebaiknya Pemprov Banten melakukan pembebasan. Karena lebarnya cuma 1,5 meter. Jadi seperti tutup botol. Jadi harus dilebarkan minimal sekitar 3 meter. Itu perlu biaya mahal. Itu tugas Pemprov Banten. Karena saya sudah tanya sama pihak kelurahan maupun pihak kota, itu bukan kewenangan kota tapi provinsi,” ungkapnya.

Ia mengaku sudah beberapa kali menyampaikan persoalan penyebab banjir tersebut kepada pemerintah daerah, namun hingga kini belum ada solusinya. 

“Ini banjir tiap tahun. Jadi gak pernah ada solusinya dari pemerintah. Sudah beberapa kali kami sampaikan tidak pernah ada solusinya dari pemerintah daerah. Kalau begini terus perumahan kami tiap musim hujan banjir terus,” tandas Wawan. (harir)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp